Tiga Naga Usul Format Liga 2 Tetap Dibagi Dua Grup

  • Rabu, 09 Juni 2021 - 20:11:53 WIB | Di Baca : 1727 Kali
Manajer AS Abadi Tiga Naga Hidayat

SeRiau - Meski sudah direncanakan kompetisi Liga 2 Indonesia 2021 akan digelar Juli mendatang, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih menampung saran dan masukan dari klub terkait teknis pertandingan. Pasalnya, teknis pertandingan di Liga 2 ini masih belum ditetapkan.

Hidayat, Manajer AS Abadi Tiga Naga mengatakan, saat ini usulan terkait format pertandingan pada Liga 2 masih dalam tahap usulan. Ia mengatakan, saat ini sudah ada usulan format Liga 2 yang diunggah oleh akun Instagram @officialsahabatgaruda. 

"Dalam unggahannya itu mengusulkan, format Liga 2 dibagi menjadi tiga grup, yang masing-masing grup terdiri 8 tim atau klub," ujar Hidayat, Rabu (9/6/2021).

Loading...

Dari unggahan itu dijelaskan bahwa, masing-masing juara grup nantinya akan dipromosikan ke Liga 1 Indonesia. Atau dilanjutkan dengan mekanisme babak 8 besar, di mana peringkat 1 dan 2 masing-masing grup dan 2 peringkat 3 terbaik akan melaju ke babak berikutnya.

Dalam unggahan itu juga menyebutkan sistem degradasi bagi tim peringkat 7 dan 8 di masing-masing grup.

Terkait usulan itu, Hidayat berharap agar format kompetisi tetap dibagi ke dalam 2 grup seperti kompetisi sebelumnya. Ia menilai, jika kompetisi dibagi menjadi 3 grup bahkan 4 grup akan meminimalisir waktu pertandingan bagi pemain sepakbola Indonesia.

"Muara dari kompetisi ini adalah untuk membentuk tim sepakbola nasional. Jika pertandingan sepakbola sedikit dalam kurun waktu satu tahun, maka akan sulit untuk meningkatkan kemampuan pemain, sedangkan di luar kompetisi pemain tidak ada kegiatan," jelas Hidayat.

Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan agar kompetisi tetap dibagi dalam dua grup, sehingga pemain dapat meningkatkan kemampuan dengan jadwal pertandingan lebih banyak. "Semoga tetap dua grup," ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga mengusulkan agar PSSI dan PT LIB memfasilitasi sponsorship bagi klub-klub yang berlaga di Liga 2 ini. Ia menilai, akan lebih menarik jika brand sponsorship muncul di setiap klub dari pada hanya di satu klub saja.

Diketahui sebelumnya, PSSI dan PT LIB berencana akan menggelar kompetisi Liga 1 dan 2 pada Juli mendatang. Jadwal tersebut sesuai dengan pengajuan izin oleh LIB untuk pelaksanaan Liga 2 pada Juli hingga Desember nanti. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar