Sabet Dua Status Sekolah, Paiman Hantarkan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru Jadi Sekolah Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak

  • Selasa, 25 Mei 2021 - 21:42:06 WIB | Di Baca : 2727 Kali

 

Seriau,- Dirjen Vokasi Kemendikbud- Ristek telah mengeluarkan SK Penetapan SMK sebagai program  sekolah Pusat Keunggulan (PK) tahun 2021. Salah satu program besutan Kemedikbud ini diraih oleh SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru (SMK MUDA) yang satu satunya sekolah swasta di Pekanbaru yang ditetapkan sebagai program sekolah Pusat Keunggulan.

Berbeda dengan SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru (SMK Mutu) juga ditetapkan sebagai sekolah Pusat Keunggulan. Hanya saja, sekolah tersebut merupakan lanjutan program sekolah Pusat Keunggulan tahun sebelumnya

Loading...

" Kalau kita baru pertama kali ditetapkan sebagai program sekolah Pusat Keunggulan. Di Riau hanya 14 sekolah, tapi di Pekanbaru kita satu satunya selain SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan SMK Pertanian Terpadu Provinsi Riau," kata Kepala SMK Muhamadiyah 2 Pekanbaru, Paiman Sanen, Selasa (25/5) di Pekanbaru.

Paiman baru saja nahkodai SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru ini 5 bulan lalu. Pria yang lama menjadi wakil kepala sekolah ditempat dia sekarang mengabdi, juga berhasil membawa SMK Muda sebutan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru sebagai Sekolah Penggerak tahun 2021 ini. SK sebagai Sekolah Penggerak ini baru dikeluarkan bulan Mei ini. Berbeda dengan SK penetapan sekolah Pusat Keunggulan yang diterima sekolah akhir april lalu. Dua predikat status sekolah ini membuktikan bahwa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru diangap layak menerima predikat yang menjadi program unggulan Kemendikbud-Ristek.

" Ya, alhamdulillah hampir 3 bulan kerja keras mejelis guru, pegawai, TU dalam menyiapkan segala persiapan untuk program sekolah Pusat Keunggulan. Alhasil, apa yang kita kerjakan tidak sia sia dengan ditetapkan sebagai sekolah Pusat Keunggulan tahun 2021. Tidak hanya itu, secara otomatis sekolah kita juga ditetapkan sebagai Sekolah Penggerak khusus SMK," kata pria kelahiran Pasuruan ini.

Paiman menjelaskan, jurusan program Pusat Keunggulan yang di tetapkan yakni jurusan Multimedia. Bagi sekolah yang menjalankan program Pusat Keunggulan, nantinya akan mendapatkan bantuan dari Kementerian berupa sarana prasarana, peralatan yang dibutuh oleh jurusan tersebut. Nanti tidak hanya jurusan multi media juga akan mengimbas pada jurusan lainnya yang ada di SMK Muda," kata Paiman

Tidak hanya berupa bantuan, kata Paiman, SMK Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak juga akan menerima kurikulum terbaru. Kurikulum ini hanya diberikan bagi sekolah yang telah menjalankan program Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak. Guru akan dilatih dan diberi pengetahuan kurikulum terbaru melalui pelatihan yang diberikan oleh Kementerian.

" Bagi guru yang telah ditatar dan di latih, nantinya bisa mengimbaskan ilmunya kepada guru lainnya yang ada di sekolah. Tahap awal ini akan ada 10 guru yang akan menerima TOT tentang kurikulum terbaru," kata Paiman yang siap membawa SMK MUDA menjadi sekolah unggul di Riau (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar