Terkait Kedatangan Pekerja Migran, Dirjen Kemenkes Tinjau Kesiapan Pelabuhan Dumai

  • Ahad, 25 April 2021 - 14:56:22 WIB | Di Baca : 7758 Kali

 

SeRiau-Dumai-Terkait kedatangan skitar 5 Ribu Orang Pekerja Migran asal Indonesia dari Malaysia yang direncanakan masuk melalui Pelabuhan Internasional Dumai.

Plt Dirjen Kementerian Kesehatan RI, Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Minggu (25/04/2021) meninjau secara langsung kesiapan dari Pelabuhan Dumai yang ditunjuk Pemerintah salah satu Pelabuhan untuk menerima kedatangan Pekerja Migran dari Luar Negeri.

Loading...

Peninjauan ke Pelabuhan Internasional Dumai ini, dihadiri sejumlah pejabat vertikal dilingkup Pemko Dumai seperti, Kapolres Dumai, Akbp Andry Ananta Yudhistira, Dandim 0320, Kepala Radar TNI AU, GM Pelindo, KKP Karantina Kesehatan, Imigrasi Dumai, Diskes Dumaia dan Instansi lainnya.

Dalam peninjauannya, Dirjen Kemenkes yang melihat secara langsung di Pelabuhan dan menyatakan bahwa kesiapan dari pelabuhan dinilai sudah sabgat layak dan hanya akan mendatangkan peralatan-peralatan kesebatan yang dibutuhkan saja.

"Kalau pelabuhan saya nilai sudah siap dan ini hanya menambah apa2 saja yang akan dibutuhkan untuk menyambut kedatangan warga kita yang dari Malaysia", ungkap Maxi Rein.

Dengan kedatangan para pekerja Migran ini melalui Dumai, kita juga akan meningkatkan pemeriksaan dimana dengan masih terjadinya peningkatan kasus covid-19. Untuk itu semua petugas yang bekerja dilaoangan akan dibekali dengan setiap orangnya akan diberikan suntikan vaksin.

"Karena ini masih meninvkatnya kasus covid-19 untuk itu kita akan memberikan suntikan vaksin kepada semua petugas yang menyambut kedatangan buruh Migran dari Malaysia," tambahnya lagi.

Maxi Rein menambahkan, untuk memastikan warga Migran yang datang dari Malaysia ini, pemerintah juga akan menyediakan alat VCR yang khusus ditangkan dari Pusat untuk memeriksa Pekerja Migran yang datang.

"Yang jelas intinya, pemerintah dalam hal penyambutan kedatangan Migran ini, kami selaku instansi yang berwenang sudah siap baik dari segi peralatan maupun tenaga yang nantinya bertugas di Pelabuhan", tutupnya.

Sementara itu Plt Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful mengatakan Pemko Dumai juga sudah mempersiapkan sejumlah hotel untuk karantina Pekerja Migran yang akan masuk ke Dumai.

"Terkait masalah ini, kita juga sudah mempersiapkan sejumlah hotel untuk isolasi karantina, dan hal ini nantinya juga sudah dibicarakan dengan sejumlah pemilik Hotel di Dumai", ungkap Syaiful.Para Pekerja Migran ini nantinya datang ke Dumai dibagi dalam 5 gelombang atau selama 5 hari, dimana dalan setiap harinya akan datang sekitar Seribu orang Pekerja Migran.

dr. Syaful juga menambahkan, untuk menyambut kedatangan para Pekerja Migran ini, hal yang paling dibutuhkan sekali adalah anggarannya, dimana semua anggaranya terkait pemulangan Migran sudah ditanggung oleh Pemerintah Pusat. Untuk itu kita sebagai daerah yang ditunjuk hanya mempersiapkan infrastrukturnya seperti kesiapan pelabuhan dan tenaga atau orang yang ditugasi di Pelabuhan untuk menyambut para Migran ini.

Rencananya para Migran yang akan datang melalui Pelabuhan Dumai ini akan dimulai pada tanggal 29 April 2021. (Dedi Iswandi)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar