Hikmah Ramadhan Hari ke-3, Silaturahim Dalam Ramadhan Pandemi Corona Covid 19

  • Jumat, 16 April 2021 - 01:05:36 WIB | Di Baca : 2197 Kali

 

Seriau,- Bersilaturahmi di bulan Ramadhan saat pandemi Corona Covid-19 ini bertujuan agar kesehatan kita selalu terjaga selama adanya pandemi ini. Selain itu, walaupun diberlakukannya kebijakan physical distancing, hubungan silaturahmi antar umat muslim diharapkan dapat selalu terjaga dengan mengikuti tips bersilaturahmi di bulan Ramadhan saat pandemi Corona Covid 19 ini. 

Pada saat bulan Ramadhan, umat muslim memang diwajibkan untuk menjaga hubungan silaturahmi dengan sesama. Namun, dengan adanya pandemi virus corona Covid-19 ini, dalam menjaga silaturahmi harus melalui cara yang sedikit berbeda. Itulah mengapa, dengan menyimak dan memahami tips bersilaturahmi di bulan Ramadhan saat pandemi Corona Covid 19, akan mempermudah Anda dalam menjaga tali silaturahmi tersebut.

Berbagai tips bersilaturahmi di bulan Ramadhan saat pandemi Corona Covid-19 yang dibahas pada tulisan saya ini cukup mudah dilakukan. Selain itu, tips bersilaturahmi di bulan Ramadhan saat pandemi corona covid-19 ini merupakan pengembangan dari pemanfaatan teknologi yang ada.

Mungkin ada sebagian dari anda yang masih kurang terbiasa dalam mengikuti tips bersilaturahmi di bulan Ramadhan saat pandemi Corona Covid-19. Ya, memang merubah kebiasaan bukan hal yang mudah. Bahkan, untuk menjaga jarak dan untuk tidak bersalaman dengan orang lain masih menjadi hal yang sulit juga bukan?

Salah satu cara termudah dalam menjaga silaturahmi saat pandemi Corona Covid-19 yang pertama adalah dengan mengirim ucapan selamat berpuasa dan segala hal yang berhubungan dengan bulan Ramadhan melalui media sosial, baik itu WhatsApp, Line, Instagram, dan lain sebagainya. 

Mengirim ucapan melalui media sosial bisa dikatakan merupakan cara bersilaturahmi jarak jauh yang paling efektif. Mengingat, semua orang memang telah menggunakan media sosial untuk kegiatan berkomunikasi di kehidupan sehari- hari. Namun, jika kondisi daerah Anda atau kerabat Anda masih tidak memungkinkan dalam peroleh sinyal, maka Anda dapat menggunakan telepon pulsa untuk berkomunikasi. 

Agar dalam bulan puasa ini amal ibadah kita semakin lengkap, maka tidak ada salahnya kita menggalang donasi bagi orang yang membutuhkan. Saat ini telah banyak platform online resmi yang dapat membantu Anda beserta 
keluarga untuk berdonasi secara online. 

Mengapa harus online? Karena hal ini dilakukan agar tidak perlu adanya interaksi terlalu banyak antar manusia di ruang terbuka umum. Karena seperti tujuan awal kita pada artikel ini, bagaimana menjalin silaturahmi antar umat muslim saat pandem

Lalu dimana letak silaturahminya? Saat sekelompok orang memiliki tujuan yang sama, maka akan timbul rasa saling memiliki satu sama lain. Rasa memiliki ini akan memperkuat hubungan antar manusia tersebut. Dan jika hal ini diterapkan pada keluarga, maka selain menjadi amalan yang baik, bisa dijadikan ajang bersilaturahmi satu dengan lainnya. 

Hal ini wajib dilakukan, terutama jika memang Anda harus bertemu dengan orang lain. Bukan tanpa sebab, namun ini merupakan tindakan pencegahan dari penyebaran virus Corona Covid-19. Aturan jaga jarak atau yang disebut physical distancing ini dilakukan dengan memberi jarak minimal 1 hingga 2 meter, hal ini agar tidak adanya sentuhan tidak sengaja dengan orang lain.

Selain itu, dengan menjaga jarak, maka dapat menghindarkan Anda dari terkena percikan ludah yang berasal dari orang lain. Itulah mengapa, gunakan selalu masker juga demi keselamatan Anda. Setelah dari luar ruangan jangan lupa untuk mencuci seluruh baju, dan mandi hingga bersih.***

Penulis: H Abdul Kudus Zaini. MT, MS, TR, IPM (Program Studi Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau)





Berita Terkait

Tulis Komentar