222 Calon Siswa SMAN Olahraga Provinsi Riau Jalani Tes Keberbakatan dan Fisik

  • Ahad, 11 April 2021 - 02:23:10 WIB | Di Baca : 1609 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 222 calon peserta didik baru SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau, Sabtu (10/3) dan Minggu (11/4) menjalani tes keberbakatan dan fisik. Tes dilakukan dengan prorokol kesehatan ketat ini, harus diikuti calon siswa SMAN Olahraga Provinsi Riau

Kepala SMAN Olahraga Provinsi Riau H.Sahid Suwarno.MM mengatakan sebelum diumumkan peserta didik baru SMAN Olahraga Provinsi Riau peserta harus mengikuti tes keberbakatan dan fisik. Tes ini sangat menentukan siswa diterima atau tidak. Tes ini mempunyai nilai tertinggi sebelum hasil peserta didik diumumkan." Kita ingin tahu peserta didik apakah betul betul mempunyai bakat dibidang olahraga yang mereka pilih atau tidak," kata Sahid, Sabtu (10/4) di Pekanbaru.

Loading...

Sebelum menjalani tes keberbakatan dan fisik, kata Sahid, siswa harus mematuhi protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mengecek suhu tubuh dengan termogan, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Setelah itu baru registrasi untuk mengikuti tes keberbakatan dan fisik. Tes hari pertama keberbakatan dan fisik untuk 5 cabang olahraga yakni Voli, Dayung, Futsal, Aeromodeling dan Atletik. Sedangkan, Minggu (11/4) cabang olahraga Sepakbola, Tenis Meja, Renang, Sepaktakraw, Silat, Anggar dan Judo. Jumlah cabang olahraga pada penerimaan peserta didik baru tahun ini ada penambahan, jika tahun lalu hanya 9 cabang olahraga, tahun ini bertambah menjadi12 cabang olahraga. Bagi siswa yang tidak mengikuti tes keberbakatan dan fisik, secara otomatis dinyatakan gugur.

" Berapa jumlah peserta yang ikut tes keberbakatan dan fisik ini, saya belum tahu jumlahnya. Tunggu saja hari terakhir, minggu (11/4), baru tahu berapa peserta yang tidak ikut tes keberbakatan dan fisik," kata Sahid.

Mengenai kapan hasil pengumuman peserta didik baru SMAN Olahraga Provinsi Riau, Sahid belum bisa menjawab. Pengumuman akan diumumkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Pengumuman bersama dengan seluruh sekolah boarding yang ada di Riau." Infonya nanti diumumkan oleh Disdik Riau. Tapi yang jelas pengumuman lulus, diumumkan sebelum penerimaan peserta didik baru sekolah umum agar siswa yang gagal, bisa mendaftar disekolah umum," kata Sahid.

Sementara koordinator pelatih tes keberbakatan dan fisik SMAN Olahraga Teguh Nugroho mengatakan, tes keberbakatan dan fisik ini melihat kemampuan teknik dasar dan skil yang dimiliki peserta. Tes ini sangat penting bagi siswa, apakah sudah punya teknik dasar dan skil cabang olahraga yang mereka pilih. Dari 12 cabang olahraga, peserta yang paling banyak mendaftar cabang olahraga sepakbola, futsal dan voli." Bagi pelatih, tes ini untuk menilai sejauh mana kemampuan teknik dasar dan skil siswa terhadap cabang olahraga yang mereka pilih. Nilai tes ini sangat menentukan seorang diterima atau tidak," kata Teguh.(zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar