Keren, Produk PKWU Siswa SMAN 2 Pekanbaru di Pamerkan Gunakan Barcode

  • Senin, 29 Maret 2021 - 21:09:31 WIB | Di Baca : 2594 Kali

 

Seriau,- Kegiatan Pendidikan Kewirausahaan (PKWU) siswa SMAN 2 Pekanbaru manarik dan penuh konsep digitalisasi. Hal ini terlihat, dari semua hasil produk siswa, ditampilkan dengan mengunakan barcode 

Kegiatan PKWU yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram.MPd menampilkan produk hasil karya siswa dikemas dalam sistem aplikasi digital.
Semua produk hasil siswa bisa dilihat melalui aplikasi yang dibuat oleh sekolah. Cukup mendowload aplikasi, lalu di scan barcode, maka akan tampil semua produk siswa.

Kadisdik Riau Zul Ikram memberikan apresiasi kegiatan PKWU SMAN 2 Pekanbaru dimana semua produk yang dihasilkan pada kegiatan PKWU dapat dilihat melalui aplikasi. Produk mana saja, akan terlihat cukup di scan barcode maka semua produk yang disediakan akan muncul." Ini suatu terobosan yang patut kita apresiasi. Semua produk bisa kita lihat cukup dengan di scan bercode melalui smartphone," kata Zul Ikram, Senin (29/3) disela kegiatan. 

Kadisdik Riau berharap produk siswa yang dikemas ini mempunyai nilai jual yang tinggi bagi sekolah dan peserta didik. Kedepan, tinggal mencari pemasaran sehingga ada finansial dari produk yang dibuat oleh siswa. Sekolah bisa bekerja sama dengan Dinas Pariwisata melalui ekonomi kreatifnya mempromosikan hasil siswa melalui marketplace." Saya berharap kegiatan ini bisa menjadikan siswa punya jiwa kewirausahaan yang tangguh," kata Zul Ikram.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Pekanbaru Drs. Kasim mengatakan pengunaan sistem barcode pada
produk hasil kegiatan siswa program PKWU ini guna memudah tata cara pembutaan produk mulai dari alat dan bahan serta cara pengerjaan. Semua produk ini diletakan dalam satu server, lalu di scan melalui smartphone maka munculah semua produk yang dihasilkan."Jadi semua produk secara digital ini untuk memudahkan siswa mulai dari bahan apa saja yang digunakan, pengerjaan hingga menjadi suatu produk. Cukup mem-barcode dengan smartphone semua produk bisa muncul," kata Kasim.

Produk ditampilkan dalam PKWU mulai dari pembuatan anyaman, pembuatan tanjak, pembuatan tudung saji, lukisan dua dimensi, pembuatan ornamen payung melayu dan banyak produk lainnya. Tujuan pameran PKWU ini, kata Kasim, untuk menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan peserta didik serta memotivasi peserta didik dengan keterampilan sehingga peserta didik bisa mengikuti alur dunia kerja saat ini." Kita harapkan peserta didik SMAN 2 Pekanbaru dengan program PKWU- nya bisa berkreatif dan berinovasi melahirkan produk bermanfaat bagi mereka kelaknya," harap Kasim. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar