Sudarmo: Empat Calon Rektor UIR Ikuti Psikotes dan Fit and Proper Tes

  • Selasa, 23 Maret 2021 - 19:58:31 WIB | Di Baca : 1965 Kali

 

Seriau,- Empat calon rektor Universitas Islam Riau (UIR) periode 2021-2025 mengikuti Psikotes dan Fit and Proper Tes, Selasa, (23/3).

Keempat calon rektor tersebut yakni Prof. Dr. H. Syafrinaldi Sofyan, S.H., M.C.L, (Rektor), Prof. Dr. H. Sufian Hamim, S.H., M.Si,  (FISIPOL), Dr. Ir. H. Ujang Paman, M.Agr (Fakultas Pertanian), dan Dr. Hj. Sri Wahyuni, S.H., M.Si (Fakultas Hukum).

Sekretaris Umum YLPI Riau Drs. Sudarmo Hasan. MA mengatakan, psikotes dan fit and proper tes bagi calon rektor dilaksanakan di Gedung Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau. Hasil pantauan, semua calon rektor hadir mengikui dua tes yang dimulai jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Dua tes ini dilakukan oleh lembaga Independent yang ditunjuk oleh YLPI yakni HIMPSI.

" Jalannya psikotes dilakukan serentak oleh seluruh calon rektor di lantai 2 Gedung YLPI Riau. Setelah psikotes selesai, baru dilakukan fit and proper tes secara bergantian di lantai dasar Gedung YLPI Riau. Kedua tes ini harus diikuti oleh seluruh calon rektor. Kalau tidak mengikuti dua tes ini, ya dianggap gugur," kata Sudarmo, Selasa (23/3) di Pekanbaru.

Menurut Sudarmo, psikotes dan fit and proper tes bertujuan mencari pemimpin UIR kedepannya bisa melaksanakan kerjasama yang baik, mempunyai sehat jasmani dan rohani. Selain itu, pimpinan UIR benar benar menjalankan fungsi sebagai pemimpin akademis dan non akademis sesuai dengan Statuta UIR." Jadi uji kelayakan dan kepatutan ini harus diikuti oleh calon rektor supaya siapa yang memimpin UIR 4 tahun kedepan punya kemampuan dan kompetensi mempuni," kata Sudarmo.

Setelah calon rektor UIR mengikuti psikotes dan fit and proper tes, kata Sudarmo, beberapa tahapan diantara  24 Maret dilakukan pengarahan oleh Dewan Pembina YLPI Riau. Setelah itu, tanggal 26 Maret penyerahan berkas LPJ rektor ke pengurus YLPI. Tanggal 6 April tata kelola catur dharma kepegawaian, aset dan tata kelola keuangan. Kemudian, tanggal 9 April rapat penetapan calon rektor, tanggal 16 April pengiriman nama untuk calon rektor dari yayasan ke Senat, tanggal 7 Mei penerimaan nama dan berkas rektor terpilih dari UIR, tanggal 22 Juni proses penerbitan SK dan tanggal 1 Juli pelantikan rektot terpilih." Itulah beberapa tahapan pemilihan rektot UIR periode 2021-2025," ujar Sudarmo.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar