Pastikan IPAL Sesuai Aturan, Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Kunlap ke RS Andini dan Prima 

  • Selasa, 16 Maret 2021 - 12:12:40 WIB | Di Baca : 1573 Kali

 

Terkait Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) rumah sakit di Kota Pekanbaru, Riau, Komisi IV DPRD Pekanbaru melalukan inspeksi mendadak (sidak) ke dua rumah sakit berbeda, yaitu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Andini dan Rumah Sakit Prima yang berada di Jalan Tuanku Tambusai, Senin (15/3/2021).

Adapun kegiatan sidak tersebut guna melihat langsung sistem IPAL dari RSIA Andini dan RS Prima.

Loading...

Usai sidak, Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono mengatakan bahwa kunjungan Komisi IV DPRD Pekanbaru bertujuan melihat sistem limbah dan instalasi limbah dari kedua rumah sakit tersebut. Seperti pengecekan satu per satu IPAL rumah sakit.

"Temuan sidak kita kali ini tidak ditemukan apa-apa. Selanjutnya, kita akan undang kembali dua rumah sakit ini untuk hearing bersama Komisi IV untuk mencari solusi terbaik. Seperti apa permasalahan di Rumah Sakit itu. Karena ini salah satunya untuk menjaga kesehatan bersama. Kita akan minta denah instalasi, kamar mandi, limbah operasi sampai limbah akhirnya itu seperti apa," kata Sigit.

Politisi Demokrat ini memberikan apresiasi terhadap RS Prima Pekanbaru yang sudah mengelola IPAL rumah sakit dengan baik. Ditambah dengan teknik membuat kolam resapan, seperti ternak ikan. Hal ini dinilai sebagai langkah membantu Pemko Pekanbaru dalam mengatasi masalah banjir yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kita sama-sama lihat di RS Prima tadi, dalam sistem air limbah mereka itu ada membuat percontohan semacam ternak ikan. Jadi, maunya kita seluruh Rumah Sakit seperti itu. Sebelum dibuang akhir, ada semacam kolam buat resapan ini," terangnya.

Sementara itu, Manager Marketing RS Prima Pekanbaru Adi Darma menyambut positif kedatangan rombongan Komisi IV DPRD Pekanbaru.

"Kita dapat aprsesiasi dari Komisi IV DPRD atas kehadirannya ke RS Prima. Kita tetap mengikuti aturan-aturan dan perundangan yang ada sehingga IPAL kami tetap dijalankan sesuai aturan," ujarnya.

Dikatakan Adi, RS Prima Pekanbaru saat ini sudah mengikuti dan memenuhi semua kelengkapan Standar Operasinal Prosedur (SOP) dan aturan yang berlaku.

"Sejauh ini (SOP) sudah memadai. Karena RS Prima sudah di akreditasi paripurna, artinya kita sudah memiliki akreditasi tertinggi di negara ini, jadi kita sudah memenuhi standar semuanya. InsyaAllah," pungkasnya.

Kegiatan sidak tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono didampingi Wakil Ketua Wan Agusti beserta anggota lainnya Ali Suseno, Ruslan Tarigan, Roni Pasla, Hj Masni Ernawati, Robin Eduar, Nurul Ikhsan, dan Zulfahmi.(***)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar