DAK Bidang SMA Tahun Ini Alami Penurunan

  • Sabtu, 13 Maret 2021 - 14:36:09 WIB | Di Baca : 2136 Kali

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau tahun ini kembali menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan bersumber APBN 2021. Khusus bidang SMA, Disdik Riau menerima DAK sebesar Rp 65. 046.450.000. Jumlah DAK bidang SMA ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah DAK tahun lalu.

" Ya, kita terima DAK Bidang SMA hanya Rp.65, 046.450.000. Jumlah ini jauh turun jika dibandingkan DAK tahun lalu," kata Kadisdik Riau melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Riau, M. Guntur. MPd, Jumat (12/3) kemarin di Pekanbaru.

Dikatakan Guntur, alokasi DAK bidang SMA ini akan diperuntukan bagi sekolah penerima DAK baik untuk  fisik dan peralatan. Sekolah penerima DAK SMA tahun ini tersebar di kabupaten kota di Riau." Dari Rp 65. 046.450.000 anggaran lebih besar masih didominasi untuk keperluan fisik daripada peralatan," kata Guntur

Sistem pelaksanaan DAK tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Jika tahu lalu, DAK fisik dilakukan swakelola oleh sekolah, namun tahun ini, DAK fisik harus dilakukan secara kontraktual." Petunjuk teknis pelaksana yang kita terima seperti itu. DAK Fisik harus dikontraktual-kan, beda tahun lalu dilakukan secara swakelola. Sekarang ini, fisik dan peralatan dikontraktual- kan," ujarnya.

Setakad ini, kata Guntur, proses pelaksanaan DAK bidang SMA masih dalam proses persiapan. Kemungkinan besar maret ini kontraktualnya sudah dimulai." Ya, tunggu sajalah masih dalam proses. Semua harus kita siapkan untuk dilelang," kata Guntur.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar