Polsek Pangkalan Kerinci Gelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penanganan Karhutla Tingkat Kecamatan

  • Selasa, 09 Maret 2021 - 14:48:52 WIB | Di Baca : 561 Kali

SeRiau - Polsek Pangkalan Kerinci gelar rapat koordinasi penanganan Karhutla tingkat Kecamatan Pangkalan Kerinci, yang dilaksanakan di Halaman Mapolsek Pangkalan Kerinci.

Rapat koordibasi ini diinisiasi oleh Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Novaldi SSos MSi dalam rangka analisa dan sosialisasi penanganan Karhutla, Senin (8/3/2021) kemarin.

Rapat tersebut dihadiri oleh Camat Pangkalan Kerinci Dodi Asmara, Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Novaldi, Danramil yang diwakili oleh Peltu Sahata Manurung, perangkat desa se-Kecamatan Pengkalan Kerinci, Manajemen Perusahaan, Masyarakat Peduli Api (MPA), kelompok tani serta ketua Ormas dan OKP wilayah Kecamatan Pangkalan Kerinci dan tamu undangan.

Loading...

Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Novaldi mengatakan, kegiatan rapat koordinasi ini untuk menindaklanjuti di tingkat kecamatan, dan pada saat rapat ditingkat kabupaten ada penegasan yang disampaikan oleh Bapak Kapolres terkait penanganan karhutla.

"Kita berharap pada saat bulan ramadhan tidak ada lagi Karhutla sehingga kita dapat melaksanakan ibadah secara maksimal," ujarnya

Lanjut Kompol Novaldi mengatakan, penyebab terjadinya karhutla yaitu lahan gambut, minimnya curah hujan, lahan hutan yang sudah rusak, suhu udara yang ekstrim, dan membuka lahan dengan cara membakar.
 
"Langkah-langkah yang kita laksanakan dalam hal mengantisipasi terjadinya Karhutla antara lain. Imbauan larangan Karhutla oleh Bhabinkamtibmas dengan memasang spanduk yang berisi larangan membakar lahan terkhusus dilahan yang rawan dan yang pernah terbakar, penyampaian imbauan dan larangan Karhutla melalui media sosial, dan penyampaian imbauan oleh tokoh agama," katanya.

Dijelaskannya, pelaku Karhutla akan menjadi atensi dari pihak kepolisian . Pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku Karhutla.

"Saya berharap yang hadir agar betul-betul serius secara bersama dan aktif untuk mengimbau kepada masyarakat semua untuk tidak membakar lahan dan menjaga lahan masing-masing agar tidak terbakar," imbuh kapolsek.

Pada kesempatan itu Camat Pangkalan Kerinci Dodi Asmara juga mengatakan, untuk penanganan Karhutla butuh kerja sama disemua pihak.

"Kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan aparat penegak hukum," terangnya. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar