FKIP Unri Siapkan Pembelajaran KBM Hybrid.

  • Kamis, 04 Maret 2021 - 22:20:50 WIB | Di Baca : 987 Kali

 

Seriau,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) masih mempersiapkan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Hybrid.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademis FKIP Unri, Prof Dr. Jimmy Copriadi. MSi mengatakan hingga semester genap ini, FKIP Unri masih melaksanakan pembelajaran daring kepada mahasiswa. Pihaknya belum bisa memulai pembelajaran hybrid karena masih banyak yang harus disiapkan fakultas dalam memulai pembelajaran KBM hybrid salah satunya menyiapkan protokol kesehatan yang tetapkan pemerintah. Menyediakan tempat cuci tangan dibeberapa titik dan membentuk tim covid tingkat fakultas.

Loading...

Selain itu, mahasiswa harus mendapat izin dari orangtua untuk mengikuti pembelajaran KBM hybrid. Kemudian melakukan rapit tes bagi mahasiswa dan dosen." Memang kita belum bisa melaksanakan  pembelajaran hybrid. Masih ada yang harus disiapkan untuk pembelajaran hybrid. Keselamatan kesehatan dosen dan mahasiswa paling utama. Jadi kita harus disiapkan semuanya," kata Prof Jimmy, Kamis (4/3) di Pekanbaru.

Saat ini, kata Jimmy, beberapa fakultas sudah ada melaksanakan pembelajaran hybrid, namun itu hanya fakultas yang jumlah mahasiswa tidak terlalu banyak. Kondisi ini berbeda dengan FKIP yang memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 6000 orang." Dengan jumlah mahasiswa yang jumlah banyak kita belum bisa melaksanakan pembelajaran hybrid," katanya.

Selama pembelajaran daring, kata Jimmy, kegiatan akademis seperti pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi mahasiswa tetap diberlakukan. PLP ini tergantung dari sekolah, apakah belajar tatap muka atau pembelajaran daring." Kegiatan aktifitas akademis selama pembelajaran dari tidak ada dikurangi semua tetap dilaksanakan salah satunya PLP," ujar Jimmy.

Dikatakan Jimmy, dalam penerapan pembelajaran hybrid, setiap jurusan program studi akan melakukan penjadwalan secara bergiliran (50 %:50%). untuk menghindari penumpukan mahasiswa berdasarkan tahun angkatan mahasiswa (2019-2020) sebelum pelaksanaan UTS dan bagi mahasiswa angkatan 2017- 2018 sesudah pelaksanaan UTS. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar