KEMARI Chevron Gandeng LAMR Bantu Modal Usaha dan Sembako

  • Jumat, 05 Februari 2021 - 17:35:31 WIB | Di Baca : 2117 Kali

 

 

SeRiau - Keluarga Karyawan Melayu Riau-Kepri (KEMARI) Chevron menggandeng Lembaga Adat Melayu (LAMR) dalam menyalurkan bantuan modal usaha kepada kepada mustahiq [yang berhak menerima zakat, Red] dan sembako di Pekanbaru melalui Program Ekonomi Kerakyatan KEMARI Chevron (Optimalisasi Zakat Mal) dan Kegiatan Jumat Berkah.

Loading...

Acara pelepasan secara simbolis bantuan penyaluran bantuan modal usaha kepada mustahiq dan keberangkatan mobil untuk mengantar sembako ini dilaksanakan di Balai Adat Melayu Riau, Jumat (5/2/2021).

Dari pengurus LAMR terlihat hadir Timbalan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datin Hj. Nuraini, jajaran Ketua DPH LAMR Datuk H. Khairul Zainal, Datuk Hermansyah, Datuk Jonnaidi Dassa, Datin Alzuhra Alinoni, Datin Baiduri, dan Koordinator IT dan Media LAMR Zul Azhar.

Sementara dari KEMARI Chevron hadir Humas Rachmad, dan pengurus lainnya Donny Subakti, Fobi Junipa dan Junaidi, Ketua organisasi pendaki gunung U-Forty Rozi, beserta lima orang relawan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNas) Karyawan Muslim Chevron Indonesia.

Humas KEMARI Chevron Rachmad mengatakan Program Jumat Berkah KEMARI Chevron telah dilaksanakan sebanyak dua kali. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada bulan Januari 2021 yang langsung diluncurkan Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar.

“Pada kesempatan tersebut saya menyampaikan bahwa selain memberikan bantuan sembako juga akan memberikan modal usaha kepada mustahiq supaya nanti mendukung program pemulihan ekonomi. Alhamdullilah, hari ini adalah minggu ketiga kami melakukan Jumat Berkah ini,” kata Rachmad.

Menurut Rachmad, dana yang dihimpun melalui donasi per minggu dimana setiap minggu tim Jumat Berkah mengirimkan pemberitahuan di grup WhatsApp KEMARI Chevron. Dana dikumpulkan sedikit demi sedikit sehingga tercapailah target penyaluran bantuan setiap minggu sekitar 35-50 paket sembako yang didistribusikan.

Rachmad mengatakan salah satu lokasi pendistribusian sembako diantaranya kepada para buruh pembuat batu bata di Kecamatan Tenayan Raya. Hal yang menjadi alasan pendistribusian sembako kepada mereka ini selain kondisi ekonomi mereka yang tergolong lemah, usaha mereka sudah sangat mendukung pembangunan dan perkembangan kota Pekanbaru dan sekitarnya.

“Adanya dukungan Datuk-datuk dan Datin-datin di LAMR memberi semangat kepada kami untuk berbuat kebaikan. Sebagaimana hadis Nabi mengatakan khoirunnas ‘anfa’uhum linnaas. Sebaik-baik manusia bermanfaat bagi manusia yang lain,” kata Rachmad mengutip salah satu penggalan hadist riwayat Thabrani dan Daruquthni.

Ketua DPH LAMR Datuk H. Khairul Zainal mewakil Ketua Umum DPH LAMR mengatakan LAMR sangat mendukung dan berkepentingan terhadap kegiatan penyalura bantuan modal usaha dan pembagian sembako yang diselenggarakan KEMARI Chevron ini. Mengapa LAMR berkepentingan? Datuk Khairul mengungkapkan ada tujuh persen orang Riau hidup di bawah garis kemiskinan. Dari tujuh persen tersebut, menurut Datuk Khairul, malangnya sebagian besar merupakan orang Riau asli dengan jumlah mencapai 400-500 ribu orang.

“Itulah sebabnya LAMR mendukung semua pihak supaya kita secara bersama-sama mengangkat harkat orang tempatan sebagai pemilik negeri ini,” kata Datuk Khairul.

Menurut Datuk Khairul, LAMR berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2012 dimungkinkan untuk melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat tempatan sehingga mereka tidak secara terus menerus menjadi mustahiq. Adapun bantuan sarana usaha dari LAZNas Karyawan Muslim Chevron Indonesia dan LAMR tersebut antara lain berupa kompor gas, tabung gas elpiji 3 kilogram, mixer, dan lain-lain. (ril)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar