Protokol Kesehatan Liga 1: Swab Antigen 5 Jam Jelang Laga

  • Jumat, 05 Februari 2021 - 05:26:12 WIB | Di Baca : 2812 Kali

SeRiau - PSSI telah menyiapkan sejumlah standar operasional prosedur (SOP) terkait protokol kesehatan yang akan diterapkan jika Liga 1 2021 digelar. Mulai dari pemberlakuan swab antigen hingga aturan isolasi pemain yang positif Covid-19.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan telah mendengar kabar yang beredar di media soal pernyataan Baintelkam Polri Kombes Pol Budi Sajidin. Dalam acara webinar yang digelar SIWO Pusat, Rabu (3/2), Budi mengatakan Polri sudah memberikan lampu hijau supaya Liga 1 bisa digelar.

"Merespons yang sempat beredar di media, Direktur Utama dan Direktur Operasional LIB kemarin ke Mabes Polri untuk berkoordinasi dan mencoba supaya kompetisi lanjut. Ada green light, tapi tidak semudah itu," ujar Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule saat ditemui di kantor LIB, Kamis (4/2).

"Ada beberapa yang jadi kewajiban LIB dan PSSI. Bagaimana clear dalam pertandingan yang dikhawatirkan bisa menjadi klaster baru. Sebab itu, hari ini kami mematangkan SOP yang ada di pertandingan baik zona 1,2,3 dan 4."

Lebih lanjut, Iwan Bule memastikan bakal segera mensimulasikan SOP jelang pertandingan. Simulasi itu akan dibuat dalam video berdasarkan poin-poin dari perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.

"Kalau pertandingan sore, jam 10 paginya akan dilakukan swab antigen lebih dulu ke semuanya atau minus 5 jam sebelum pertandingan. Yang akan ke lapangan yang hasilnya negatif. Yang positif langsung masuk karantina akan diisolasi," jelas Iwan Bule.

PSSI dan LIB juga akan menyiapkan langkah-langkah taktis di setiap pertandingan supaya tidak terjadi klaster baru Covid-19 seperti yang dikhawatirkan. Meskipun menurut Iwan Bule dalam kompetisi sepak bola di Eropa yang sudah berlangsung sejak pertengahan 2020 belum terdengar kabar terjadi klaster baru di sepak bola.

"Panduan protokol kesehatan kami ambil dari AFC dan FIFA, menyesuaikan dengan yang ada di Indonesia. Mei atau Juni rencana kompetisi digelar," terangnya.

Meski begitu, semua masih menunggu izin dari pihak kepolisian supaya tidak lagi ada keraguan dari klub-klub untuk kembali menggulirkan Liga 1. Setelah izin keluar, PSSI akan menggelar workshop maupun pertemuan kembali dengan klub-klub peserta.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi izin dikeluarkan polisi. Jadi kami bisa segera menetapkan waktu kapan liga bergulir. Alhamdulillah terima kasih Kapolri bisa mendengar jeritan dunia sepak bola, baik pemain, pelatih, ofisial dan perangkat pertandingan. Tentunya juga presiden. Kami akan maksimalkan mudah-mudahan liga bisa bergulir," ucap Iwan Bule. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar