Tunggak Pembayaran, Listrik di Museum Siak Diputus

  • Senin, 01 Februari 2021 - 06:08:55 WIB | Di Baca : 19751 Kali

SeRiau - Museum Balairung Sri atau Gedung Balai Kerapatan Tinggi dan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Provinsi Riau, diputus aliran listriknya oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) setempat karena menunggak pembayaran satu bulan.

"Iya (museum), termasuk kantor Disdikbud dan beberapa lokasi di bawah wilayah kerja Disdikbud. Insya Allah pembayaran tagihan segera dilakukan setelah selesai proses pencairan anggaran," kata Kepala Disdikbud Siak, Lukman, dilansir dari Antara, Minggu (31/1).

Pemutusan itu dilakukan pada Jumat (29/1) lalu seiring kebijakan baru PLN yang langsung memutus sementara aliran listrik jika tidak membayar satu bulan. Di sisi lain anggaran untuk pemerintah belum diterima pada awal tahun.

Meski demikian, menurut Lukman, pemutusan listrik di museum tak terlalu berdampak karena tidak ada retribusi untuk wisatawan masuk ke sana. Namun ia mengakui pemutusan listrik berdampak pada kegiatan administrasi di kantor Disdikbud.

Sementara Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Himawan Sutanto mengatakan, bagi pelanggan yang terjadi penyegelan dan pemutusan sementara, penyambungan listrik pelanggan kembali dapat dilakukan jika telah melunasi tunggakan disertai dengan biaya keterlambatan.

Sementara bagi pelanggan yang telat membayar sampai tiga bulan lamanya, maka perseroan akan melakukan pembongkaran rampung dan berhenti sebagai pelanggan PLN.

Pelanggan dapat menikmati listrik kembali jika sudah melunasi tunggakan dan membayar ulang biaya pasang baru.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada seluruh pelanggan agar membayar tepat waktu. Perseroan memberikan tenggat waktu pembayaran dari tanggal 1 hingga tanggal 20 setiap bulannya.

"Kami berterima kasih kepada pelanggan PLN yang telah tertib dalam melakukan pembayaran rekening listrik. Dengan membayar listrik tepat waktu, pelanggan akan semakin mudah menikmati listrik," ujar Himawan. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar