Sekdako Apresiasi Program 'Anak Pekan' Dewan Kesenian Kota Pekanbaru

  • Rabu, 27 Januari 2021 - 16:43:54 WIB | Di Baca : 1732 Kali

 

SeRiau - Sebagai kota urban, Pekanbaru terdiri dari berbagai kaum masyarakat. Ancaman kehilangan jati diri masyarakat Pekanbaru jelas terpampang. Hal ini yang coba dikampanyekan Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) agar Pekanbaru tidak kehilangan hal tersebut dengan jargon Anak Pekan.

Ketua DKKP terpilih, Fedli Aziz yang didampingi Ketua III Benny Sani dan Wakil Sekretaris Pay menjelaskan bahwa anak pekan ini diambil dengan makna besar. Dalam hal ini, anak pekan yang dimaksud adalah mereka yang lahir, besar atau sudah menetap dan mencari rejeki di Kota Pekanbaru. Sebagai kota urban, kolaborasi kesenian tradisional dan modern, seni baru dan seni lama menjadi sebuah keharusan.

Loading...

"DKKP ini akan menjadi motor pengerak kampanye ini. Selain dibidang kesenian, juga budaya bahkan program peningkatan ekonomi masyarakat, terutama pengiat seni di Pekanbaru. Nah, untuk itu kami tidak bisa sendiri, namun juga memerlukan dukungan dari segala sektor, terutama dari Pemerintah Kota Pekanbaru," terang Fedli.

Dalam audiensi tersebut, DKKP juga memaparkan beberapa program kerja mereka. Mulai dari pelaksanaan edukasi, pendataan seniman hingga adanya keinginan peningkatan kualitas ekonomi seni dimana salah satunya seni tembikar. Pasalnya, di kawasan tangor, kulitas tanahnya sangat baik.

Program tersebut disambut gembira Sekretaris Kota Pekanbaru, HM Jamil MAg MSi usai menerima audiensi pengurus Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP), di Gedung MPP Pekanbaru, Rabu (27/1/2021). Untuk itu, HM Jamil menyatakan siap mendukung kegiatan DKKP ini, terutama dalam bidang peningkatan ekonomi sebagai bagian dari percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Seni dan kebudayaan akan menjadi unggul untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Pemulihan Ekonomi nasional juga bisa sejalan dengan program yang ditawarkan DKKP. Pemko dalam hal ini tentu mendukung itu semua. Segera diproses, kita siap proses," ujar Jamil.

Sebagaimana disebutkan, pengurus DKKP ini akan segera dilantik pada medio Februari dan langsung menggelar beberapa program kerja yang sudah tersusun secara sistematis.*




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar