Kadisdik Riau Hadiri LDK Siswa SMAN 4 Pekanbaru, Zul Ikram: Sekolah Bengkel Karakter

  • Jumat, 22 Januari 2021 - 10:20:16 WIB | Di Baca : 816 Kali

 

Seriau,- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram menghadiri Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMAN 4 Pekanbaru.  Kehadiran Zul Ikram untuk melihat langsung sejauh mana sekolah membentuk karakter siswa.

" Sekolah tidak hanya tempat belajar mengajar, tetapi sekolah bisa menjadi bengkel pembentukan karakter peserta didik. Karakter tampil berani, tampil berkreasi, kreatif, dan tampil percaya diri didepan publik. Saya lihat LDK ini salah satu kegiatan yang membentuk karakter siswa," kata Zul Ikram, Kamis (21/1) disela kegiatan.

Loading...

Zul Ikram mengatakan, tidak semua siswa, bisa tampil berani membawa kreatifitas dihadapan publik misalnya, kreatifitas dan kolaborasi siswa menyanyikan lagu solo, syair, menjadi MC, paskibraka dan tari persembahan. Semuanya ini membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri siswa.

" Saya sendiri takjub dan kagum dengan penampilan siswa yang identik dengan nuansa melayu tampil memukau. Kita harapkan penampilan siswa SMAN 4 Pekanbaru bisa menjadi ajang mempromosikan Riau dilevel nasional dan internasional," kata Zul Ikram.

Menurunya, sekolah harus bisa memberikan ruang kepada siswa untuk mengasah kreatifitasnya, keunggulan dan potensi baik akademik, seni dan olahraga. Ketika siswa berkreatif, tentunya ada nilai edukasinya, akademik bahkan finansialnya. Berprestasi tidak hanya dibidang akademik saja, tapi juga non akademik." Ada pepatah mengatakan orang yang menjadi pemimpin tidak hanya menguasai knowledge (pengetahuan) tetapi yang lebih besar menjadi pemimpin, orang yang punya karakter. Knowledge hanya 5 persen, tetapi karakter, kreatifia
tas 95 persen," kata Zul Ikram

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj Yan Khoriana.MPd dihadapan Kadisdik Riau menyampaikan prestasi akademik yang diraih SMAN 4 Pekanbaru. Dimana sekolah yang dipimpin saat ini masuk dalam 3 besar di Kota Pekanbaru nilai ujian nasional saat masih ada UN. Dan 10 besar sekolah di Riau. Begitu juga dengan tidak ada ujian nasional tahun 2020 juga masuk 3 besar." Sebenarnya masih banyak deretan prestasi yang diraih sekolah baik guru dan siswa sepanjang tahun 2020. Prestasi yang diraih ini, tidak terlepas dari kerja keras guru, orangtua yang selalu mensuppor anak didik untuk berani tampil di setiap perlombaan," kata Khori. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar