Pemko Pekanbaru Akan Pastikan Sekolah Tatap Muka Akhir Januari

  • Selasa, 12 Januari 2021 - 21:56:10 WIB | Di Baca : 2315 Kali

SeRiau - Sekolah tatap muka akan ditentukan pada akhir Januari 2021. Pasalnya, rencana tatap muka masih menunggu hasil dari pemetaan wilayah menurut zona penyebaran wabah Covid-19 di Kota Pekanbaru.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT bahwa pihaknya masih menunggu hasil dari pemetaan wilayah dari tim Satgas Covid-19 Pekanbaru. Pasalnya, kewenangan untuk menggelar sekolah tatap muka tersebut dilimpahkan kepada masing-masing kepala daerah.

"Kewenangan sekolah tatap muka berdasarkan SKB empat menteri diserahkan kepada kepala daerah. Hal itu berdasarkan pada kondisi di suatu wilayah. Seperti halnya provinsi yang menentukan kota/kabupaten," kata Firdaus.

Di tingkat kabupaten/kota lanjut Firdaus, lebih detail lagi dengan menentukan kecamatan mana yanh bisa dilakukan sekolah tatap muka. Untuk menentukan itu, pihaknya berpedoman pada pemetaan wilayah berdasarkan pada zona penyebaran Covid-19 yakni, merah, orange, kuning, dan hijau.

Dikatakannya, pasca Natal 2020 dan tahun baru 2021 banyak masyarakat yang kontak dan menimbulkan gelombang penyebaran Covid-19. Pihaknya pun menilai puncak penyebaran gelombang itu berakhir 14 hari sesuai masa inkubasi terhitung sejak tahun baru.

"Maka oleh sebab itu, 14 hari dari tahun baru ini kita harus jadikan pedoman dalam pemetaan. Tepatnya tanggal 15-16 Januari ini adalah masa puncaknya, karena itu masa inkubasinya," ungkapnya.

Berdasarkan itu, pihaknya akan menentukan jadwal mulai sekolah tatap muka di akhir Januari. Penetapan itu dilakukan setelah mendapatkan hasil pemetaan wilayah sesuai zona.

"Jadi, mudah-mudahan tanggal 20-an kita sudah mendapatkan zona. Sehingga penguatan belajar daring dengan tatap muka ini kami harapkan paling lambat sudah ada kepastian di Januari akhir, dan hasilnya tetap melakukan pemetaan," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar