Buya H. Zaini Kunin Dinobatkan Sebagai Tokoh dan Pejuang Riau. Wagubri: Kita Harus Kenang Jasa Para Tokoh Semasa Hidupnya

  • Rabu, 23 Desember 2020 - 18:30:44 WIB | Di Baca : 3456 Kali

 

Seriau,- Buya H. Zaini Kunin dinobatkan sebagai Tokoh dan Pejuang Provinsi Riau dalam bidang Keagamaan, Sosial, Pendidikan dan Kebudayaan. Pemberian penghargaan Buya. H. Zaini Kunin bersama 11 tokoh dan pejuang Riau lainnya langsung diserahkan Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution, Rabu (23/12) di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau

Buya H. Zaini Kunin lahir tahun 1922 di Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan Empat Koto, Rokan Huhu menghabiskan hidupnya untuk dunia pendidikan, keagamaan, sosial salah satunya pelopor pendirian Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) tahun 1957 lalu.

Penerima ahli waris penghargaan Tokoh dan Pejuang Provinsi Riau Buya H. Zaini Kunin diterima langsung oleh sang anak Ir.H. Abdul Kudus Zaini, MT, MS,Tr, IPM. Usai penyerahan penghargaan, Abdul Kudus Zaini mengucapkan terima kasih atas penghargaan Pemerintah Provinsi Riau yang telah menganugerahkan Ayahanda Buya.H Zaini Kunin sebagai Tokoh dan Pejuang Provinsi Riau dalam bidang Keagamaan, Sosial, Pendidikan dan Kebudayaan.

" Saya anak ahli waris dari penerima penghargaan tokoh dan pejuang Riau Buya H. Zaini Kunin ucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau telah berikan penghargaan kepada ayahanda sebagai tokoh dan pejuang dalam bidang keagamaan, sosial, pendidikan dan kebudayaan. Semoga apa yang telah ayahanda kami perbuat semasa hidupnya bisa bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama" kata Abdul Kudus Zaini anak ke 6 dari 8 bersaudara

Apresiasi yang sama juga dikatakan anak Buya H Zaini Kunin  lainnya yakni Dr. Muhibuddin Zaini, M.Si. Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk peradaban dalam bidang pendidikan sosial, agama dan budaya merupakan produk yang telah dilaksanakan oleh Ayahanda Buya.H Zaini Kunin penuh dengan keikhlasan semasa hidupnya. Semoga apa yang telah dilakukan ayahanda menjadi amal sholeh dunia dan akhirat." Kami dari keluarga besar Almarhum Buya H. Zaini Kunin ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah memberikan penghargaan tokoh dan pejuang Riau dibidang pendidikan, sosial, agama dan budaya. Semoga perjuangan dan jerih payah beliau dalam memajukan pendidikan di Provinsi Riau menjadi cerminan, panutan dan semangat bagi generasi berikutnya," kata pria yang akrab disapa Udin ini.

Sementara Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution mengatakan pemberian penghargaan kepada tokoh dan pejuang Riau tahun ini sebanyak 12 orang dari berbagai daerah di Riau. Pemberian penghargaan kepada tokoh dan pejuang diberikan guna mengenang jasa-jasa para tokoh dan pejuang daerah yang telah berjasa dalam bidang tertentu semasa hidupnya. Dimana mereka telah berjuang melawan penjajahan di wilayah Riau hingga akhirnya menorehkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan daerah Provinsi Riau.

Pemberian penghargaan diberikan kepada ahli waris para tokoh dan pejuang dengan pemberian penghargaan dalam bentuk sertifikat, penyematan pin dan pemberian sagu hati/tali asih." Saya atas nama Pemerintah Provinsi Riau memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi Tokoh dan Pejuang Daerah Provinsi Riau tahun 2020," kata Wagubri.

Selain dihadiri Wagubri, penyerahan penghargaan kepada para Tokoh dan Pejuang Provinsi Riau antara lain Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi dan Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2DG) Riau, H. Azali Johan, Prof Suwardi MS, Anggota DPRD Riau, perwakilan kepolisian dan keluarga ahli waris para tokoh dan pejuang penerima penghargaan. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar