Dilaksanakan Akhir Tahun, Peresmian Kecamatan Baru Akan Digelar Virtual

  • Selasa, 22 Desember 2020 - 05:57:18 WIB | Di Baca : 2124 Kali
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Jamil

SeRiau - Peresmian penataan kecamatan di Kota Pekanbaru akan dilangsungkan pada akhir tahun 2020 ini. Peresmian itu dilakukan secara virtual dan akan disaksikan oleh setiap pusat-pusat pemerintahan di Kota Pekanbaru.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Jamil bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah melakukan pemekaran kecamatan pada tahun 2020 ini. "Sesuai Perda yang telah disahkan, dari 12 kecamatan menjadi15 kecamatan di Kota Pekanbaru tahun 2020 ini," ujarnya.

Untuk peresmian itu, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan hal itu terkait operasional dan struktur kepemerintahannya. "Tentu kita harus mempersiapkan bagaimana ketersediaan kantornya, sarana dan prasarananya, struktur kepemerintahannya," ucapnya.

Namun kata Jamil, untuk pelaksanaan peresmian penataan kecamatan tersebut, Pemko Pekanbaru akan menggelar secara virtual. Hal itu mengingat pencegahan penyebaran wabah Covid-19 untuk menghindari kerumunan.

"Setiap kecamatan, pusat-pusat pemerintahan yang ada di Kota Pekanbaru menyaksikan peresmian melalui virtual saja," ungkapnya.

Sementara untuk pelaksanaannya, dilakukan di Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya. Rencananya, peresmian itu akan dilangsungkan pada 30 Desember 2020 mendatang.

Meski begitu, pihaknya saat ini masih menunggu kode verifikasi wilayah kecamatan tersebut dari pusat. Ia pun menyebut bahwa kode verifikasi wilayah itu akan diberikan oleh pusat pada awal tahun 2021 mendatang.

Untuk Kode verifikasi kecamatan belum keluar. "Tapi pada awal tahun 2021 nanti Kementerian Kewilayahan Daerah di awal Januari akan mengeluarkan kode verifikasi kecamatannya," pungkasnya.

Diketahui, ada tiga kecamatan yang dimekarkan pada tahun 2020 ini, di antaranya Kecamatan Tampan yang dibagi menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Bina Widya dan Tuah Madani. Kemudian Kecamatan Tenayan dimekarkan menjadi Kecamatan Kulim. Sedangkan Kecamatan Rumbai  dan Rumbai Pesisir dimekarkan menjadi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat dan Rumbai Timur.

Untuk nama Kecamatan Tampan diganti dengan dua nama kecamai tersebut. Begitu juga dengan Kecamatan Rumbai Pesisir yang dihilangkan menjadi Rumbai Pesisir. Sedangkan Kecamatan Tenayan Raya tetap dengan nama tersebut. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar