Siswa ADEM SMAN 4 Pekanbaru Study Budaya ke SMAN 2 Sumatera Barat

  • Jumat, 18 Desember 2020 - 22:04:39 WIB | Di Baca : 2417 Kali

 

Seriau,- Program Afirmasi Pendidikan Menengah atau yang disingkat ADEM merupakan salah satu program  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa terbaik yang berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) untuk bisa mendapatkan fasilitas pendidikan di sekolah lebih baik.

SMA Negeri 4 Pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan kesempatan untuk mendampingi siswa-siswi ADEM sejak tahun 2017, selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan fasilitas pendidikan bagi siswa afirmasi ini. Selain tahun ini telah menamatkan sejumlah siswa dan sudah diterima di beberapa perguruan tinggi di Provinsi Riau, SMA Negeri 4 Pekanbaru juga melakukan Kegiatan Studi Budaya ke sekolah yang mendampingi siswa ADEM, Senin(14/12).

Kepala SMA Negeri 4 Pekanbaru Hj. Yan Khoriana, M.Pd, mengatakan bahwa tahun ini kunjungan studi budaya dilakukan di SMA Negeri 2 Sumatera Barat yang notabene telah melaksanakan program ini sejak tahun 2015. Kegiatan studi budaya bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara dua sekolah dengan menampilkan budaya masing-masing daerah. Selain itu kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para siswa untuk dapat belajar mengenal budaya, saling bertukar pengalaman dan berbagi wawasan pengetahuan." Kegiatan ini untuk memberi peluang bagi siswa meningkatkan rasa percaya diri dengan unjuk bakat yang mereka tampilkan dalam kegiatan ini," kata Khori.

Sementara Kepala SMA Negeri 2 Sumatera Barat, Irsyad, M.Pd menyambut baik kunjungan Studi Budaya ini dan berjanji akan melakukan kunjungan balasan ke SMA Negeri 4 Pekanbaru pada tahun mendatang. Banyak hal positif dapat dijadikan contoh dalam kegiatan ini.  Silaturahmi ini juga membuka wawasan para guru pendamping untuk lebih baik dalam membina dan melaksanakan program ADEM di sekolah masing-masing serta memperoleh informasi yang cukup banyak untuk kemajuan siswa-siswi dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi." Harapan dari kedua sekolah ini dapat memberikan hasil maksimal dalam mendukung program afirmasi ini. Tentunya hasil yang baik bagi siswa afirmasi berdampak pada kemajuan bangsa Indonesia," harap Irsyad

Sepulang dari Sumatera Barat, SMAN 4 Pekanbaru dikunjungi oleh tim dari pusat yang menangani siswa ADEM, yakni Bapak Herman dan rombongan.
Beliau turun langsung memonitor dan mengevaluasi perkembangan siswa ADEM. Mereka sangat bangga dengan perkembangan siswa ADEM yang ada di SMAN 4, salah satunya siswa ADEM terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2020/2021." Ini motivasi yang patut dicontoh oleh sekolah lainnya," kata Herman. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar