Dishub Pekanbaru Pasang Perangkat Tambahan Di Lampul APILL

  • Jumat, 11 Desember 2020 - 22:04:46 WIB | Di Baca : 5254 Kali

SeRiau - Untuk memperjelas dan mempertegas rambu-rambu lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru memasang perangkat tambahan berupa lampu di tiang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Pemasangan ini baru dilakukan di beberapa titik APILL di Kota Pekanbaru.

Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Pekanbaru Edi Sofyan mengatakan, pemasangan perangkat tambahan berupa lampu aksesoris di tiang lampu APILL itu adalah untuk memperjelas sekaligus memperindah Kota Pekanbaru di malam hari.

"Ketika lampu APILL berwarna merah, maka tiang itu ikut berwarna merah. Begitu juga dengan ketika warna hijau, maka tiangnya ikut berwarna hijau dengan adanya perangkat tambahan itu," kata Edi, Jumat (11/12/2020).

Dikatakannya, selama ini pengguna jalan tahunya hanya mengikuti lampu APILL yang bulat itu saja. Namun sekarang, lampu APILL itu dapat diperjelas dengan perangkat tambahan itu.

"Kadang lampu APILL itu tertutup pohon atau dari kejauhan tidak terlihat karena hanya satu lampu. Dengan adanya perangkat tambahan ini dapat membantu pengguna jalan melihat lampu APILL meski tidak langsung melihatnya," terangnya.

Di sisi lain, keberadaan perangkat ini juga untuk memperindah Kota Pekanbaru di malam hari. "Kita akan atur untuk lampu ini aktif pada malam hari saja," imbuhnya.

Saat ini, perangkat tambahan di lampu APILL itu sudah terpasang di empat titik. Di antaranya APILL Simpang Jalan Diponegoro-Gajah Mada, Simpang Jalan Jenderal Sudirman-Gajah Mada, Simpang Jalan Sudirman-Tuanku Tambusai, dan Simpang Empat Jalan Samratulangi Polresta Pekanbaru.

"Rencananya, akan kita pasang perangkat tambahan ini di setiap APILL yang ada di Pekanbaru. Namun, karena anggaran terbatas, kita pasang sebisanya dulu," ungkapnya.

Perangkat tambahan itu direncanakan akan dioperasikan untuk tahun baru 2021 mendatang. Namun sebelum itu, pihaknya melakukan uji coba terlebih dahulu.

Selain itu, Ia juga masih menunggu respon maupun tanggapan dari masyarakat. Jika itu bagus dan responnya positif, pihaknya pun akan melakukan pemasangan perangkat tambahan itu di seluruh APILL di Pekanbaru. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar