Dishub Pekanbaru Tutup U-turn Simpang Porwodadi Jalan HR Soebrantas

  • Kamis, 10 Desember 2020 - 21:52:31 WIB | Di Baca : 1562 Kali

SeRiau - Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru tutup U-turn Simpang Porwodadi Jalan HR Soebrantas, Kecamatan Tampan pada Selasa (8/12) malam. Penutupan itu merupakan lanjutan dari penutupan U-turn yang telah direncanakan Dishub Pekanbaru sejak awal tahun 2020 lalu.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Pekanbaru Edi Sofyan bahwa pihaknya didampingi Satlantas Polresta Pekanbaru telah melakukan penutupan U-turn Simpang Porwodadi Jalan HR Soebrantas. Penutupan itu dilakukan berdasarkan pada aduan dan laporan dari masyarakat.

"Penutupan U-turn Simpang Porwodadi itu telah kita rencanakan awal tahun lalu. Ada permintaan dan laporan masyarakat langsung untuk menutup U-turn itu," ujar Edi, Kamis (10/12/2020).

Loading...

Berdasarkan laporan itu, pihaknya bersama Satlantas Polresta Pekanbaru melakukan kajian. Berdasarkan kajian itu, pihaknya mengakui bahwa memang banyak crossing yang terjadi dari Porwodadi menuju U-turn itu.

Menurutnya, jarak antara Simpang Porwodadi dengan U-turn tersebut sangat dekat, seperti U-turn Simpang Paus Jalan Tuanku Tambusai yang terlebih dahulu ditutup. Kemudian, banyaknya kendaraan roda dua yang melakukan contra flow (melawan arus) dari arah barat menuju Pasar Pagi (timur) untuk berputar menggunakan U-turn itu juga.

Ia menilai, contra flow yang dilakukan kendaraan roda dua itu sangat berbahaya.

"Selain itu, penutupan U-turn ini dilakukan karena volume kendaraan yang berasal dari Pasar Pagi menuju arah barat padat sekali. Karena banyaknya crossing di sana, sehingga terjadi perlambatan arus lalu lintas," terang Edi.

Edi juga mengungkapkan, untuk penutupan U-turn itu sudah dianggarkan di APBD Perubahan. Ada tiga U-turn yang akan dilakukan penutupan oleh Dishub Pekanbaru, yakni U-turn Simpang Paus Jalan Tuanku Tambusai, U-turn Simpang Porwodadi Jalan HR Soebrantas, dan U-turn di depan Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri Jalan Jenderal Sudirman.

"Tiga U-turn itu ditutup berdasarkan kajian yang telah dilakukan dengan Forum LAJ lama. Tiga U-turn itu kita tutup dengan menggunakan anggaran sekitar Rp40 juta," ungkapnya.

Khusus U-turn depan Menara Dang Merdu BRK Jalan Jenderal Sudirman, hanya akan ditutup separuh. U-turn itu ditutup sebagian khusus putar arah dari selatan menuju selatan. Sedangkan dari arah utara menuju utara tetap dibuka. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar