Lokakarya, Disdik Riau dan Dewan Pendidikan Bahas Permasalahan Pendidikan di Riau

  • Kamis, 10 Desember 2020 - 10:22:44 WIB | Di Baca : 2125 Kali

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau bersama Dewan Pendidikan melaksanakan Lokakarya Pendidikan dengan mengangkat tema Kebijakan dan Implementasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Provinsi Riau. Lokakarya yang hanya berlangsung satu hari, Selasa (8/12) di Hotel Mutiara Merdeka dibuka oleh Kadisdik Riau Zul Ikram

Dalam sambutan Kadisdik Riau Zul Ikram mengatakan Lokakarya bersama Dewan Pendidikan ini sangat penting guna membahas permasalahan pendidikan yang dihadapi saat ini. Masih banyak persoalan pendidikan yang dihadapi Provinsi Riau. Sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap dunia pendidikan, maka Disdik perlu merasa bergandeng tangan dengan Dewan Pendidikan untuk mengatasi masalah pendidikan." Urusan pendidikan harus melibatkan semua stakeholder salah satunya Dewan Pendidikan" kata Zul Ikram, Selasa (8/12) di Pekanbaru.

Persoalan pendidikan yang dihadapi  Disdik saat ini meliputi indeks pembangunan manusia dibawah rata nasional. Produktifitas menempuh pendidikan masih diangka 8,7 tahun. Sedang nasional sudah diangka 9 tahun. Permasalahan lainnya, akses pendidikan belum merata baik disatu daerah dengan daerah lainnya. Mutu pendidikan dikota dan desa berfluktuasi. Masalah APM dan APK yang masih rendah dibawah rata nasional dan masalah pendidikan kejuruan." Persoalan ini yang harus kita rumuskan secara bersama sama," kata Zul Ikram.

Sementara Kabid Pendataan dan Pengembangan Pendidikan Disdik Riau M. Guntur. MPd mengatakan tujuan dari Lokakarya ini untuk mengetahui kebijakan pemerintah Provinsi Riau dan upaya meningkatnya kualitas pendidikan di Provinsi Riau. Selain itu, kegiatan ini untuk mengetahui kondisi ril pendidikan di Riau dan langkah apa yang akan dilakukan mengatasi ketertingalan dan terakhir untuk mengetahui sejauh mana peran DPRD dalam mendukung  penganggaran pendidikan dan pengawasan terhadap jalanya pendidikan. Peserta kegiatan Lokakarya ini anggota DPRD Riau  Komisi V,  Dewan Pendidikan, Kabid SDM Bappeda, Ketua Majelis PWNU,  Pimpinan Muhammadiyah, Korwas Disdik Riau, Kepala dan Wakil Kepala Sekolah, Kepala SMA dan SMK  swasta di Pekanbaru, Kepala SLB dan guru. Nara sumber, Kadisdik Riau Zul Ikram, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Riau H Zulkarnaen Noerdin dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau  Hardiyanto.SE." Diharapkan dari kegiatan ini bisa merumuskan permasalahan yang dihadapi dan mencari solusi dari permasalahan pendidikan yang dihadapi saat ini," kata Guntur (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar