FKIP Unri Beri Penguatan Kepemimipinan Akadrmik Jurusan dan Prodi, Mahdum: Prodi Ujung Tombak Kualitas Kampus

  • Senin, 07 Desember 2020 - 20:34:27 WIB | Di Baca : 1745 Kali

 

Seriau,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau mengadakan Workshop Penguatan Kepemimpinan Akademik Bagi Jurusan dan Program Studi. Kegiatan yang berlangsung dua hari (7 dan 8 desember) di Hotel FOX Pekanbaru ini diikuti oleh 40 peserta dari jurusan dan program studi yang ada di FKIP Unri.

Dekan FKIP Unri Prof.Dr. Mahdum Adnan. MPd mengatakan kegiatan ini sangat penting dalam upaya penguatan manajemen strategi kepemimpinan akademik baik kepada jurusan dan program studi di FKIP Unri. Kekuatan manajemen kualitas suatu fakultas ujung tombangnya berada di program studi dan jurusan. Sebab, jurusan dan prodi ini yang berhubungan langsung dengan mahasiswa." Makanya, FKIP merasa sangat perlu memberikan penguatan kepemimpinan kepada jurusan dan progran studi. Karena, dua struktur akademik dalam fakultas ini menentukan kualitas satu kampus," kata Mahdum disela Workshop, Senin (7/12) di Hotel FOX Pekanbaru.

Dalam penguatan kepemimpinan kepada jurusan dan prodi ini, banyak hal yang perlu diberikan. Ada beberapa model yang harus diberikan yakni menyangkut dengan manajemen strategi, manajemen perubahan, manajemen pengetahuan  dan organisasi pembelajaran." Kita berharap dari kegiatan ini, bisa menyusun renstra dan program kerja atau kegiatan yang dilakukan jurusan dan prodi dapat diterapkan secara komprehensif. Prodi ujung tombak peningkatan kualitas lulusan. Itu yang perlu kita tanamkan kepada peserta," kata Mahdum.

Sementara Prof Dr. Firdaus LN.MSi selaku narasumber dalam Workshop Penguatan Kepemimpinan Akademik Jurusan dan Prodi menegaskan   kepada peserta dapat merealisasikan seluruh perencanaan yang dibuat dengan matang. Harus ada eksennable dari perencanaan yang disusun. Seorang kepemimpinan akademik jurusan dan prodi ini berbeda dengan kepemimpinan kepala sekolah. Jika kepemimpinan kepala sekolah, melalui Diklat cakep berbeda dengan kepemimpinan jurusan dan prodi mereka dipilih oleh dosen tidak melalui sertifikat." Itu sebabnya, kepemimpinan penguatan akademik jurusan dan prodi harus kita berikan baik manajemen strategi perubahan, pengetahuan dan organisasi pembelajaran," kata Firdaus.

Firdaus juga mengatakan, ujung tombak terletak diprogram studi yang ada di kampus. Biasa dalam  peningkatan yang diutama itu ada program studi selanjutnya jurusan, lalu fakultas, dekan dan rektor." Jadi ibarat ujung penanya, prodi itu berada diujung penanya. Prodi ini struktur yang langsung berhubungan dengan mahasiswa. Kualitas SDM program studi menentukan kualitas fakultas," kata Firdaus (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar