4.104 Mahasiswa Riau Terima Beasiswa Perguruan Tinggi dari Pemprov Riau

  • Senin, 07 Desember 2020 - 14:37:02 WIB | Di Baca : 2294 Kali

 

Seriau,- Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyerahkan beasiswa kepada 4.104 mahasiswa Berprestasi, Tahfiz Quran, dan Bidikmisi untuk perguruan tinggi di Riau dan luar Provinsi Riau. Penyerahan beasiswa secara simbolis ini langsung dilakukan Gubernur Riau yang diwakili Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya, Senin, (7/12) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Sekdaprov Riau dalam sambutan di hadapan penerima beasiswa mengatakan, beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa bisa memberikan semagat kepada adik adik untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Sebab, ada juga mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu. Tapi, mereka punya semangat untuk berprestasi." Makanya, ini bentuk perhatian Pemprov Riau melalui Disdik  memberikan beasiswa bagi anak-anak Riau berprestasi untuk memberikan semangat di dunia pendididikan yang penuh persaingan," kata Yan Prana Jaya.

Selain itu, bantuan Bidikmisi dari pemerintah pusat untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi dapat terbantu dengan bantuan Bidikmisi itu. Beasiswa, baik dari Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat kepada mahasiswa sebagai bentuk perhatian sehingga anak anak Riau dapat mendapatkan akses pendidikan yang baik. Mereka juga punya harapan besar, bagaimana mereka bisa menamatkan pendidikan di perguruan tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram mengatakan tujuan pemberian beasiswa untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing di Provinsi Riau. Selain itu, pemberian ini juga untuk meningkatkan prestasi mahasiswa penerima dan motivasi guna meningkatkan prestasi bagi mahasiswa. Mengurangi jumlah mahasiswa prestasi yang putus sekolah karena berasal dari keluarga kurang mampu serta meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar hingga ke perguruan tinggi. Strategi ini untuk menambah anak anak Riau yang tamat di perguruan tinggi semakin terus bertambah." Jadi kita inilah bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Riau terhadap anak Riau salah satunya pemberian beasiswa pendidikan," kata Zul Ikram.

Disebutkan Zul Ikram, jumlah penerima beasiswa perguruan tinggi baik di dalam Provinsi Riau dan luar Provinsi sebanyak 4.104 orang. Dari jumlah  tersebut, Universitas Lancang Kuning terbanyak menerima beasiswa yakni 752 mahasiswa berprestasi, dan Bidikmisi sebanyak 241 mahasiswa. Selanjutnya Universitas Riau 532 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi sebanyak 215 mahasiswa, Universitas Islam Negri (UIN) 486 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi 270 mahasiswa. Universitas Islam Riau (UIR) sebanyak 541 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi 247 mahasiswa, Universitas Muhammadiyah 267 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi 240 mahasiswa serta Politeknik Caltex 230 mahasiswa, Bidikmisi 73 mahasiswa. 

Sementara untuk perguruan tinggi nasional dari S2 lanjut ke S3 sebanyak 424 mahasiswa. Universitas Riau sebanyak 51 orang, Instititut Teknologi Bandung (ITB) 75 mahasiswa, Universitas Gajah Mada (UGM) 92 mahasiswa, Universitas Brawijaya Malang 54 mahasiswa, Institut 11 November 38 mahasiswa, dan Institut Agama Islam 115 mahasiswa. Jadi jumlahnya mencapai 4.104 orang baik di perguruan tinggi di Riau dan luar Riau," kata Zul Ikram

Hadir juga dalam penyerahan beasiswa, Asisten I Setdaprov Riau Jenri Ginting, pejabat eselon 3 dan 4 di lingkungan Disdik Riau, Rektor dan Wakil Rektor serta perwakilan mahasiswa penerima beasiswa. Penyerahan beasiswa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar