Cegah Pungli dan Kriminalitas, Polsek Ukui Lakukan Pattoli

  • Sabtu, 05 Desember 2020 - 13:05:30 WIB | Di Baca : 506 Kali

SeRiau - Untuk mengantisipasi kerawanan kriminalitas serta pungutan liar (pungli), personel Polsek Ukui melakukan patroli dialogis di sejumlah tempat yang dianggap rawan. Sosialisasi saber pungli ini menyasar layanan publik di wilayah Ukui.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Sentra Kepolisian Sektor Ukui Aiptu Edward Panjaitan bersama dengan 3 orang personelnya. Dalam sosialisasi itu, polisi menyampaikan tentang bentuk pencegahan dan pemberantasan pungli yang diatur dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016, sekaligus memberikan imbauan tentang pelayanan publik sebagaimana ketentuan dalam UU Nomor 25 Tahun 2009.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi SSos MSi menjelaskan bahwa, dalam sosialisasi saber pungli ini menyasar unsur layanan publik. Namun, tidak menutup kemungkinan aksi premanisme yang dilakukan pemuda juga memicu terjadinya pungli.

Loading...

"Untuk itu kami memberikan edukasi kepada masyarakat, pemuda Kelurahan Ukui untuk tidak melakukan pungli," ujarnya.

Selain itu, petugas juga berdialog dengan masyarakat terkait pencegahan tindak kriminal pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) atau C3.

"Kami gali beberapa informasi dari masyarakat terkait kejahatan C3 ini. Apabila masyarakat mengetahui, kita minta untuk menyampaikannya kepada pihak kepolisian agar dapat ditindaklanjuti," terangnya.

Pihaknya berharap, di Kecamatan Ukui tidak terjadi pungli dan masyarakat terhindar dari kejahatan C3. "Untuk itu, kita imbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati," pungkasnya. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar