Januari Pembelajaran Tatap Muka, Sekolah Belum Terima Desain Pembelajaranya.

  • Rabu, 02 Desember 2020 - 23:18:57 WIB | Di Baca : 875 Kali

 

Seriau,- Rencana Pemerintah Provinsi Riau menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (TPM) semester genap Januari mendatang mendapat respon positif dari sekolah. Salah satu sekolah mendukung pembelajaran tatap muka yakni SMKN 5 Pekanbaru. Namun, sejauh ini desain pembelajaran tatap muka belum turun ke sekolah.

" Hingga saat ini memang sih masih pandemi covid. Tapi kita sangat mendukung pembelajaran tatap muka. Sudah hampir 9 bulan siswa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. Namun hingga kini, regulasi pembelajaran tatap muka belum turun ke sekolah," kata Kepala SMKN 5 Pekanbaru Dwi Bowo Sukmono, Selasa (1/12) di Pekanbaru.

Loading...

Kepala sekolah yang akrab disapa Bowo ini mengatakan, jika pembelajaran tatap muka diterapkan, sekolah harus mempersiapkan sarana pendukung sesuai dengan protokol kesehatan diantaranya menyediakan tempat mencuci tangan dengan sabun, menyediakan sanitizer, alat cek suhu tubuh (termogan) dan membuat spaduk agar siswa tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, sekolah membuat jadwal PTM Terbatas untuk mata diklat produktif/ praktek. Membuat form surat pernyataan kesediaan orangtua untuk peserta didik mengikuti PTM dan terakhir untuk mata diklat normatif dan adaptif masih mengikuti pola BDR." Jadi seluruhnya kita siapkan," kata Bowo.

Ditambah Bowo, meskipun regulasi pembelajaran tatap muka belum turun kesekolah, namun kemungkinan besar, pembelajaran tatap muka diserahkan kesekolah masing masing dengan merujuk dari SK Bersama 4 Kementrian." Ya kita tunggu saja, mungkin dalam waktu dekat ini regulasi PTM segera diterima sekolah," kata Bowo.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala SMKN 1 Pekanbaru Nurman. Sejauh ini, pihaknya belum menerima desain model pembelajaran tatap muka. Namun, kesiapan sesuai dengan protokol kesehatan sudah disiapkan sekolah. Bakhan untuk kelompok siswa yang akan belajar tatap muka sudah disusun oleh bagian kurikulum termasuk mata pelajaran sudah disiapkan." Kita belum tahu, model pembelajaran tatap muka. Apakah merujuk kepada SK Bersama 4 Manteri. Tapi yang jelas, kita siap menerapkan pembelajaran tatap muka Januari mendatang," kata Nurman, Rabu (2/12)

Selain mempersiapkan sarana pendukung pembelajaran tatap muka, kata Nurman, sekolah juga sudah membentuk tim gugus covid sekolah. Tim ini akan memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka." Tim gugus covid sekolah sudah kita bentuk Juli lalu. Jika pembelajaran tatap muka dilaksanakan, tim gugus covid inilah yang nantinya berperan sangat penting dalam penerapan pembelajaran tatap muka disekolah," kata Nurman. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar