Kunjungi SMKN 3 Pekanbaru, Dirjen Vokasi Minta SMK Perkuatkan Soft Skill pada Siswa

  • Senin, 23 November 2020 - 19:31:33 WIB | Di Baca : 1561 Kali

 

Seriau,- Sebagai sekolah yang melahirkan tenaga kerja muda terampil, SMK harus memperkuat tamatan dengan pendidikan soft skill.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemedikbud Wikan Sakarinto, mengatakan hard skill perlu juga ditanamkan kepada siswa, namun yang perlu ditingkatkan penanaman soft skill kepada siswa. Bagaimana siswa bisa berkomunikasi dengan baik dan bekerja di dunia usaha dan industri." Soft skill itu perlu kita tingkatkan lagi dan ditanam kepada siswa," kata Wikan usai mengunjungi SMKN 3 Pekanbaru dan SMKN 2 Pekanbaru, Senin (23/11).

Loading...

Wikan mengatakan soft skill yang perlu ditanam kepada siswa SMK antara lain kemampuan komunikasi, sosialisasi, kerja tim, berpikir kritis, kreativitas, kerjasama dan kepemimpinan. Semuanya ini harus dikuatkan pada lulusan SMK. Sebab, dirinya ingin sebagian siswa SMK kelak harus lulus menjadi start up dan entrepreneur.” Jadi soft skill lebih utama yang harus diajarkan guru ke siswa selain hard skill juga diberikan kepada siswa. Sekolah harus ingat itu," kata Wikan

Sebelum kunjungan ke SMKN 3 Pekanbaru, Dirjen Pendidikan Vokasi terlebih dahulu mengunjungi PCR. Dalam kunjungan ke SMKN 3 Pekanbaru, Wikan didampingi Direktur SMK, Kadisdik Riau, Sekretaris Disdik Riau dan Kabid SMK Disdik Riau. Setibanya di SMKN 3 Pekanbaru, rombongan Dirjen disambut oleh Kepala SMKN 3 Pekanbaru Rita Johan. Prof. Wikan dan Direktur SMK juga dipasangkan tanjak sebagai penghargaan kepada tamu yang datang ke Riau. Wikan menyempatkan diri melihat produk unggulan yang dihasilkan masing masing jurusan yang ada di SMKN 3 Pekanbaru mulai dari Tata Busana, Tata Kecantikan, Multimedia, Perhotelan dan Tata Boga. Wikan juga berdialog dengan siswa dan guru." Luar biasa hasil produk siswa SMKN 3 ini. Tapi, harus dikemas lagi agar produk ini tidak hanya menjadi segmen pasar nasional saja, tapi juga internasional," kata Wikan sambil memberi semangat kepada siswa.

Sementara Kepala SMKN 3 Pekanbaru Rita Johan.SPd.MM bersyukur sekolah yang dipimpinya mendapat kunjungan dari Dirjen Vokasi dan Direktur SMK. SMKN 3 saat ini sedang giatnya mengembangkan pendidikan vokasi. Kunjungan Dirjen Vokasi ini bisa melihat langsung kesiapan SMKN 3 Pekanbaru mempersiapkan diri menjalankan pendidikan vokasi." Apa yang sudah kita perbuat, sekolah juga masih membutuhkan motivasi dan bimbingan dari Pak Dirjen agar SMKN 3 Pekanbaru bisa menjadi sekolah unggulan dan menghasilkan lulusan punya daya saing, siap kerja di dunia usaha dan industri," kata Rita. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar