7 Fakta Menarik Usai Mir Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

  • Ahad, 15 November 2020 - 22:40:51 WIB | Di Baca : 1281 Kali

SeRiau - Joan Mir tampil sebagai juara dunia MotoGP 2020 dengan diwarnai beragam fakta menarik yang bisa dilihat dari sudut pandang tim, kelas kejuaraan, maupun performa dalam satu musim.

Mir menjadi sensasi tersendiri di MotoGP musim ini. Kalah pamor ketimbang Marc Marquez, Fabio Quartararo, atau Maverick Vinales, pembalap Suzuki ini justru mampu menggondol gelar dari tangan Marquez.

Berikut fakta-fakta menarik, yang dilansir dari MotoGP, usai Mir dipastikan menjadi juara dunia 2020:

1. Mir merupakan pembalap pertama Suzuki yang menjadi juara dunia di era MotoGP.

Sebelum Mir, terdapat beberapa pembalap yang menjadi juara dalam balap motor kelas utama seperti Kenny Roberts Jr (2000), Kevin Schwantz (1993), Franco Uncini (1982), Marco Lucchinelli (1981), dan Barry Sheene (1976 dan 1977).

2. Mir adalah pembalap Spanyol pertama yang meraih sukses bersama Suzuki. Sebelumnya para juara Suzuki berasal dari Inggris, Italia, dan Amerika Serikat.

Total ada empat pembalap Spanyol yang menjadi juara dunia. Selain Mir terdapat Alex Criville, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

3. Dengan usia 23 tahun dan 75 hari, Mir merupakan pembalap termuda ketujuh yang bisa menjadi juara dunia di kelas primer.

4. Mir memastikan diri sebagai juara dunia tanpa pernah tampil sebagai pemimpin start atau menduduki pole position. Pembalap terakhir yang melakukan hal serupa adalah Wayne Rainey pada 1992.

5. Mir merupakan pembalap pertama yang berhasil menjadi juara di kelas utama yang sebelumnya pernah menyabet gelar juara dunia Moto3, setelah kelas tersebut dimulai pada 2012.

6. Pada musim ini Mir naik podium tujuh kali atau merupakan pembalap yang paling sering berada di posisi tiga besar.

7. Mir merupakan juara dunia yang paling sedikit meraih kemenangan seri di kejuaraan kelas utama. MotoGP Eropa merupakan satu-satunya seri yang dimenangi Mir.

Sementara dalam sejarah balap motor kelas primer paling sedikit juara dunia meraih dua gelar seri seperti Leslie Graham, Umberto Masetti, dan Nicky Hayden. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar