Pengemis Kaya Ngawur", Mahasiswa Program Studi Akuntansi Umri Taja Pelatihan Online Edukasi Pengenalan Mie Sehat Organik

  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 19:16:29 WIB | Di Baca : 1182 Kali


"

Seriau,- Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mengadakan sosialisasi dan edukasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program PKM merupakan ajang tertinggi bagi mahasiswa diseluruh Indonesia yang diluncurkan oleh Dirjen Dikti dan merupakan salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Tim PKM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai Rozanatul Muti’ah jurusan S1 Akuntansi dan didampingi dosen pendamping Bpk. Agustiawan, SE., M.Sc.,Ak melakukan edukasi kepada masyarakat dengan judul ''PENGEMIS KAYA NGAWUR (Edukasi Pengenalan Mie Sehat Organik dari Bayam, Ubi Ungu, Buah Naga, dan Wortel)” merupakan salah satu proposal yang lolos bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk pendanaan tahun 2020.

Loading...

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat terdiri dari 4 anggota yaitu Nur Aisyah (S1 Akuntansi), Kuspita Sari (S1 Akuntansi), Nur Aprillah Kartini (S1 Manajemen) dan Sylvia Oktaviani  (S1 Akuntansi). Adanya musibah yang melanda dunia dan Indonesia merupakan salah satu Negara yang terdampak dari musibah ini yakni pandemi Covid-19, maka Pelaksanaan PKM Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya.

Jika tahun lalu kita adakan secara langsung turun kelapangan, namun saat ini kita lakukan secara daring.  Hal ini sesuai peraturan Kemendikbud maka pelaksanaan program harus dilakukan secara online. Menanggapi hal tersebut maka tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat melakukan proses daring (online) melalui via WhatsApp, Google Meet  serta menggunakan akun sosial media lain seperti Youtube.

Satu hal mengapa TIM kamu melakukan kegiatan ini karena banyaknya masyarakat yang yang sangat mencintai dan mengkonsumsi mie yang mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, dan tidak sempat memikirkan pola makan yang sehat seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Mie merupakan santapan yang banyak diminati oleh masyarakat karena rasa, tekstur, penyajian yang tiada banding, namun mempunyai efek yang negative pada padan maka  dari itu kami tim PKM-M bekerja sama dengan Bapak Zul Asri selaku Ketua RT 03 dan Bapak Wulyadi selaku Ketua RW 11, Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai, melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk dedikasi kami dalam membantu meningkatkan kesadaran masyarakat.

Pentingnya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat, khususnya meningkatkan kesadaran ibu-ibu rumah tangga sebagai pengontrol gizi bagi keluarganya, dan menciptakan inovasi dalam pengolahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, serta memberikan kesadaran kepada ibu-ibu rumah tangga bahwa kreativitas mampu membantu meningkatkan pendapatan.

Bapak Agustiawan, SE.,M,Sc., Ak selaku dosen pembimbing mengatakan ini merupakan titik awal dari tim untuk melakukan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pengembangan diri tim dan masyarakat yang menjadi mitra dalam PKM ini. Diharapkan ini bisa bermanfaat untuk semua lapisan masyarakat.

" Diharapkan program ini dapat terus berkelanjutan dan dilaksanakan oleh masyarakat setempat sehingga tercipta keberlanjutan yang berdampak baik bagi masyarakat secara keseluruhan. Dimana hal tersebut dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan pendapatan. Semoga hal ini akan membuat mahasiswa lainnya termotivasi dalam menciptakan ide, inovasi, dan gagasan kreatif dalam karya PKM selanjutnya” harap ketua tim Rozanatul Muti’ah. ***




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar