Perkuat Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19, Babinpotmar Bersama Petani Tanam Padi Dan Palawija

  • Jumat, 23 Oktober 2020 - 16:07:42 WIB | Di Baca : 3999 Kali

 

SeRiau - Untuk meningkatkan ketahanan pangan ditengah Pandemi covid-19, Babinpotmar dari Satuan Pos AL Bagansiapiapi dan Sinaboi bersama kelompok tani menciptakan lahan pertanian di desa Sinaboi Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam pembukaan lahan ini, secara simbolis dilakukan penanaman perdana bibit padi oleh Babinpotmar pulau halang Peltu Z.E Tanjung, Kopka Rudi Arianto dan Babinpotmar Sinaboi Serka Abdurahman bersama masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani.

Adapun luas lahan yang dijadikan sebagai lahan pertanian ini seluas 5 hektare, dimana dilahan ini akan ditanami tanaman padi, palawija hingga sayur dan buah. Dalam kesempatan itu Babinpotmar juga menyerahkan berbagai jenis bantuan pertanian seperti pupuk dan racun.

Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan MM,SMC melalui Danposal Bagansiapiapi Letda Laut (KH) Justin mengatakan ini merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan desa yang berada diwilayah maritim, dimana tugas pembinaannya dilakukan oleh Babinpotmar. " setiap potensi yang ada diwilayah maritim, menjadi tanggungjawab Babinpotmar untuk dilakukan pembinaan dan pengembangan, tentunya dengan tujuan untuk menguatkan pertahanan dan perekonomian,"sebutnya. 

Justin menambahkan diciptakannya lahan pertanian ini juga sekaligus untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat ditengah mewabahnya pandemi covid-19. " Babinpotmar bersama kelompok tani hingga berbagai unsur desa akan mengembangkan lahan pertanian ini agar mampu menopang dan mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, kita tau dalam kondisi covid-19 ini sangat berdampak pada ketersedian pangan kita,"bebernya.

 Kedepannya lahan pertanian ini akan dikelola oleh kelompok tani yang sudah ditunjuk, tentunya dibawah pengawasan dan pembinaan Babinpotmar Sinaboi. " Kita berharap kepada kelompok tani yang akan mengelola lahan ini bersungguh sungguh sehingga apa yang sudah dicanangkan pada hari ini bisa berhasil maksimal, kepada Babinpotmar juga diminta untuk senantiasa melakukan pembinaan secara intensif agar hasil yang akan dicapai kedepannya bisa memuaskan,"harapnya.

 Kedepannya Lanal Dumai juga akan menggalakkan Kampung Bahari Nusantara, dimana untuk penerapannya Di Rokan Hilir akan dilakukan di Kecamatan Sinaboi. (ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar