Sudah Rp4,782 Miliar, Retribusi Sampah DLHK Pekanbaru Hampir Mencapai Target

  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:43:25 WIB | Di Baca : 1255 Kali

SeRiau - Capaian retribusi sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru hingga 21 Oktober 2020 sebesar Rp4,78 miliar. Angka itu sudah mencapai 90 persen lebih dari target yang telah ditetapkan yaitu Rp5,2 miliar.

Dikatakan oleh Kepala DLHK Pekanbaru Agus Pramono bahwa saat ini pihaknya telah menerima retribusi pajak sebesar Rp4,782 miliar.

Tahun 2020 yang tinggal 2 bulan lagi, pihaknya sangat optimis bisa mencapai target yang telah ditetapkan. "Sisa waktu tinggal 2 bulan lebih, sekarang sudah bulan Oktober, bararti dua bulan lebih, kita yakin bisa mencapai target Rp5,2 miliar," ujar Agus, Rabu (22/10/2020).

Loading...

Bahkan pihaknya optimis bisa mencapai melebihi target tersebut. "Bahkan, target kita realisasi retribusi sampah ini bisa mencapai Rp5,5 miliar sampai akhir tahun," ucapnya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya menurunkan 200 orang petugas untuk melakukan pemungutan retribusi sampah. Kemudian, pihaknya juga bekerja sama dengan RT RW ataupun pemuda setempat dalam pemungutan tersebut.

Ia menilai, perangkat RT RW dan pemuda setempat itu adalah orang yang tahu dengan warganya, lingkungannya. Ia mencontohkan, warga yang sering di rumah dan jarang di rumah, RT, RW ataupun pemuda pasti tahu kapan warganya berada di rumah. Sehingga petugas perlu koordinasi dengan mereka.

"Untuk itu, kita tidak bisa bekerja sendiri. Tapi harus ada kerja sama semua pihak mulai dari warga maupun Ketua RT dan RW," ungkapnya.

Perlu diketahui juga, dalam pengambilan atau kebersihan sampah di lingkungan Kota Pekanbaru kecuali Kecamatan Rumbai Pesisir dan Rumbai, DLHK Pekanbaru bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah. Dua PT tersebut yang melakukan pengambilan sampah di lingkungan Kota Pekanbaru, khususnya di 10 kecamatan.

Sedangkan di Kecamatan Rumbai Pesisir dan Rumbai diambil alih oleh DLHK langsung. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar