Popnas 2021 di Sumsel-Babel, Riau Ikuti 23 Cabor Kecuali Voli Pasir

  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:46:38 WIB | Di Baca : 3752 Kali

SeRiau - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau tidak melakukan seleksi atlet untuk persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021 di Sumatera Selatan-Bangka Belitung.

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Riau yang awalnya di rencanakan pada Juli 2020 lalu batal dilaksanakan dengan alasan Covid-19. Tidak hanya itu, Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Sumatera di Sumatera Barat juga batal dilaksanakan karena Covid-19 serta tuan rumah yang mengundurkan diri.

Dikatakan oleh Kabid Keolahragaan Dispora Riau Suhartoni bahwa pihaknya tidak menggelar seleksi untuk atlet yang akan merealisasikan Riau pada Popnas 2021 mendatang. Untuk penetapan atlet Popnas nanti, pihaknya menyerahkan kepada masing-masing pelatih di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).

"Kita tidak melakukan seleksi. Atlet yang akan berangkat ditunjuk oleh pelatih," kata Suhartoni, Selasa (20/10/2020).

Untuk atlet yang berada di luar PPLP, pihaknya juga menyerahkan kepada pelatih untuk menjaring atlet-atlet daerah yang berpotensi. "Kita serahkan kepada pelatih untuk mencari dan menunjuk atlet yang ada di luar PPLP," imbuhnya.

Dikatakannya, pada Popnas nanti ada 24 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari jumlah itu, masing-masing daerah diberi kesempatan untuk mengirimkan atletnya tanpa seleksi.

"Cabang olahraga yang tidak lolos pada Popwil 2018 lalu sudah disepakati boleh ikut Popnas. Itu diserahkan kepada daerah, sesuai dengan kemampuan daerah masing-masing," terangnya.

Sementara itu, pihaknya mengaku bahwa anggaran yang diberikan terbatas.

Dari 24 cabang olahraga yang dipertandingkan, pihaknya mengirimkan 23 cabang olahraga, kecuali voli pasir. Dikatakannya, voli pasir hingga saat ini belum ada atletnya.

Terkait anggaran, pihaknya tidak menanggung secara keseluruhan anggaran yang digunakan pada Popnas nanti. Pihaknya bersama pelatih menyepakati bahwa ada sebagian cabang olahraga yang tidak ditanggung oleh Dispora Riau dan sebagian lagi didanai oleh masing-masing pelatih atau cabang olahraga.

"Cabang olahraga yang prestasinya masih diragukan, kita beri kesempatan, tapi dengan biaya mandiri. Meski biaya mandiri, tetap ada bantuan dari kita, setidaknya seragam kontingen," ungkapnya.

Ia menilai biaya tersebut tidak terlalu berat jika ditanggung oleh cabang olahraga masing-masing.

Sedangkan tim ataupun cabang olahraga yang dikirim Dispora Riau akan ditanggung sepenuhnya oleh Dispora Riau. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar