Kadisdik Riau Optimis DAK SMK Capai Target 100 Persen

  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:38:31 WIB | Di Baca : 1059 Kali

 

Seriau,- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram optimis progres pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang SMK Tahun 2020 bisa terlaksana 100 persen. Optimis ini setelah mendengar laporan progres pelaksanaan DAK, baik pengadaan peralatan praktek maupun fisik swakelola.

" Saya lihat tadi progres laporan persentase DAK SMK bagus dan saya optimis ini bisa selesai 100 persen dibulan desember baik fisik dan keuangan," kata Zul Ikram saat membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Tahap I DAK Bidang SMK 2020, Senin (19/10) sore di Hotel Furaya Pekanbaru.

Loading...

Saat ini, realisasi persentase pelaksanaan pengadaan peralatan praktek telah mencapai 100 persen. Sedangkan persentase pelaksanaan fisik swakelola mencapai 82.87 persen. Progres persentase ini terhitung 16 Oktober. Kadisdik Riau berharap kepada sekolah penerima bantuan DAK agar memanfaatkan dan mengoperasionalkan paralatan maupun worshop dengan baik." Gunakan bantuan DAK ini untuk peningkatan proses belajar disekolah. Pelihara, manfaatkan dan gunakan secara baik untuk pembelajaran disekolah," kata Zul Ikram.

Namun demikian, kata Zul Ikram,  harus dipastikan dulu, peralatan yang yang diterima sekolah betul betul  sesuai dengan yang tertera. Kalau dapat semua dokumen dan pelaporan yang dibutuhkan jangan sampai tertinggal, harus di foto dan di dokumentasinya." Saya tidak mau dikemudian hari menimbulkan masalah. Oleh karena itu, semua dokumen baik pelaporan, data dan barang didokumentasikan. Saya juga akan minta 3 sekolah yang fisiknya tinggi, 3 sekolah yang fisiknya masih rendah dan 1 sekolah yang fisiknya di posisi sedang," kata Zul Ikram

Sementara Kabid SMK Disdik Riau H. Pahmijan. MPd mengatakan kegiatan rakor evaluasi tahap I DAK SMK ini bertujuan memberikan pemahaman peserta terhadap pelaksnaan dan evaluasi DAK SMK. Jumlah peserta kegiatan sebanyak 130 orang terdiri dari kepala sekolah, P2S dan bendahara. Nara sumber ini berasal dari Inspektorat Provinsi Riau, PUPR Provinsi Riau, BPKAD dan Biro Pembangunan Provinsi Riau. Berdasarkan data tahun ini, DAK SMK yang diterima Disdik Riau sebesar Rp 129. 209.527.000 dengan rincian pagu fisik swakelola Rp 39. 037.900.436, pagu pengadaan peralatan praktek Rp 87.400.000.000 dan penunjang kegiatan/ manajemen Rp 2.771.626.564. Alokasi dana ini tersebar di SMK yang ada di Riau.

Selain rakor evaluasi tahap pertama DAK SMK, kata Pahmijan, juga dilakukan penandatanganan kerjasama MoU antara 26 SMK dengan PT Capella Dinamika Nusantara. Penandatanganan langsung dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram, Pimpinan PT. Capella Aldino Suhendra dan 26 Kepala SMK." Saya berharap dengan kerjasama ini akan berdampak kepada peningkatan kualitas lulusan dan banyak tamatan SMK yang bisa diterima didunia kerja," harap Pahmijan. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar