Saktioto: Perguruan Tinggi di ASEAN Ramaikan SNF UR ke-5

  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 19:35:58 WIB | Di Baca : 2964 Kali

 

Seriau,- Seminar Nasional Fisika Universitas Riau ke -5 (SNFUR 5) tahun 2020 yang ditaja oleh jurusan Fisika FMIPA Universitas Riau, peserta seminar berasal dari beberapa perguruan tinggi asing yang ada di ASEAN. Kegiatan SNFUR 5 akan dilaksanakan tanggal 15-17 Oktober ini.

" Jadi, namanya seminar nasional, tapi pesertanya berasal dari perguran tinggi asing," kata Ketua Panitia SNFUR ke- 5, Prof. Dr. Saktioto, S.Si, M.Phil, Selasa (13/10) di Pekanbaru.

Dikatakan Saktioto, seminar nasional ini, tidak hanya dalam bahasa Indonesia, karya ilmiah hasil riset para ilmuan dosen dan mahasiswa juga mengutarakan serta mempresentasikan hasil temuan mereka dalam bahasa inggris. Menurutnya, selama ini kegiatan seminar internasional lebih digaungkan karena disamping berskala internasional, luaran hasil penelitian selalu dikomunikasikan dan dipublikasikan dikancah luar negeri. Padahal, tidak sedikit dari puluhan konferensi internasional di Indonesia juga hadirkan pembicara asing justru adalah diaspora, warga Indonesia yang berada di luar negeri." Namanya konferensi internasional tetapi tamunya, keynote speakernya warga negara Indonesia," kata Saktioto

Meski demikian, pemikiran antara seminar nasional dan seminar internasional yang menganaktirikan seminar nasional, kata Saktioto, terkesan kurang berkualitas, kalangan lokal dan karya ilmiah yang cenderung rendah dalam pandangan mereka lebih senang memikirkan seminar atau konferensi internasional. Oleh sebab itu, SNFUR 5, ini mengakomodasi dan melibatkan pembicara tidak hanya dari kalangan nasional tetapi juga dari kalangan internasional.

Bukan hanya itu, karya-karya ilmiah anak bangsa inipun diarahkan dalam bentuk prosiding nasional dan internasional berserta jurnal nasional. Harapan ini, menunjukkan bahwa peneliti, produk karya ilmiah dapat tampil sebagai ajang nasional yang berkualitas internasional.

Kegiatan SNFUR adalah kegiatan tahunan pada tahun kelima ini berbeda baik dalam suasana COVID-19. Kegiatan ini akan dibuka oleh Rektor Universitas Riau Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA sekaligus sempena Milad UNRI yang ke-58 dengan tema UNRI Mapan, Riau Mandiri Pangan, Indonesia Maju.

Ruang lingkup pembahasan temanya pun lebih terbuka pada bidang Fisika dengan berbagai keynote speaker yang melatarbelakangi keahlian bidang pakar filsafat, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag, pakar lingkungan, Prof. Dr. Juandi, M.M.Si (Ketua Jurusan Fisika FMIPA UR), pakar nano teknologi, Prof. Dr. Andrivo Rusydi, dan pakar citra medis/kesehatan Prof.Dr.Ir.Tati Latifah R.Mengko dengan peserta berasal lebih dari delapan perguruan tinggi.

Sementara Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau, Dr. Syamsudhuha, MSc menyambut baik kegiatan ini dengan harapan SNFUR ke 5 dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Walaupun tema SNFUR kali ini memuat aplikasi Sains dan Fisika diera digital dan COVID-19, ketua SNF UR juga merancang bahwa kegiatan tahunan ini tidak saja dimeriahkan dalam pesta pembukaan dan penutupan saja, namun tetap berjalan dengan suatu kegiatan rutin yang dapat dilakukan dua kali setahun tanpa harus disakralkan dengan pembukaan dan penutupan." Kita ingin upaya pengembangkan minat penelitian, komunikasi dan publikasi tidak hanya dikalangan para dosen. Tetapi juga para mahasiswa mampu mempresentasikan karya ilmiahnya sekaligus dengan harapan dapat mempercepat masa studinya di dalam menyelesaikan tugas akhir," kata Syamsudhuha. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar