Masih Proses Pengadaan, Pemko Pekanbaru Bakal Operasikan Lab Biomolekuler Pekan Ini

  • Senin, 28 September 2020 - 05:41:50 WIB | Di Baca : 745 Kali

SeRiau - Pengadaan laboratorium biomolekuler oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih dalam proses. Ditargetkan dalam minggu ini sudah mulai beroperasi.

Plh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, pengadaan laboratorium biomolekuler akan segera terealisasi. Pihaknya tengah merampungkan dokumen lelang cepat untuk pengadaan alat-alat laboratorium. 

"Jadi masih dalam tahap proses. Kemarin kita minta pendampingan terhadap pihak Kejati, Kejari untuk lelang cepatnya. Supaya tidak timbul permasalahan dikemudian hari," kata Zaini, Minggu (27/9/2020)

Loading...

Menurutnya, pendampingan itu dilakukan agar tidak ada permasalahan dalam dokumen lelang cepat. Karena pengadaan alat harus disegerakan dalam situasi covid-19. 

Ia menargetkan, laboratorium biomolekuler guna pemeriksaan tes swab (cairan saluran pernapasan) diharapkan sudah dapat beroperasi pekan depan. 

Terkait anggaran pengadaan laboratorium biomolekuler tersebut, Pemko Pekanbaru telah menyiapkan anggaran mencapai Rp10 miliar.

Namun, ia memperkirakan untuk pengadaan alat laboratorium hanya berkisar Rp5 - 6 miliar. Karena pihaknya hanya melakukan pengadaan untuk dua unit alat pemeriksaan. Dimana masing-masing alat dikatakan Zaini, berkisar Rp2 miliar lebih. 

"Ya, mungkin sekitar Rp5-6 miliar untuk dua unit, sama ada perbaikan sedikit untuk tempat fasilitas pemeriksaan. Karena ruangan lab itu tekanannya harus negatif, supaya virus itu tidak menularkan ke yang lain. Kita harapkan pekan ini sudah dapat beroperasi. Karena banyak yang mau di swab," pungkasnya. 

Laboratorium biomolekuler tersebut nantinya berada di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru, Jalan Garuda Sakti kilometer 2 Kecamatan Tampan, Pekanbaru. 

Laboratorium tersebut diperkirakan mampu menampung hingga seribu sampel swab dalam sehari untuk diperiksa. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar