Atasi Kekurangan Guru, Disdik Riau Lakukan Pemerataan Guru

  • Sabtu, 26 September 2020 - 23:23:47 WIB | Di Baca : 1545 Kali

 

Seriau, Masalah pemerataan guru di setiap kabupaten/ kota di Riau menjadi perhatian khusus bagi Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Bahkan Disdik Riau telah memprogram pemerataan guru tahun 2021

" Persoalan pemerataan guru menjadi hal penting. Mengingat, guru kita di Riau masih terpusat didaerah perkotaan saja. Sementara didaerah pedesaan dinilai masih minim. Ini yang akan kita pelajari," kata Sekretaris Disdik Riau Dr. Yusri Rasul. SPd. MT, Jumat, (25/9) di Pekanbaru.

Loading...

Menurut Yusri, pemerataan ini sebagai gambaran untuk mengetahui apakah Riau kekurangan guru atau tidak. Penyebaran guru yang tidak merata, bisa berindikasi kepada kekurangan guru di suatu daerah. Misalnya, guru terpusat di ibukota kecamatan sedang di pedesaan guru masih kekurangan. Bahkan, ada sekolah di daerah yang guru PNS hanya satu orang, selebihnya guru honorer.

" Dengan penyebaran guru yang merata bisa mengurangi persoalan kekurangan guru. Sekarang ini, kita tidak tahu, apakah penyebaran guru sudah merata di setiap daerah, saya belum bisa katakan. Kita akan menganalisa dan memetakan dulu penyebaran guru. Bisa saja, di daerah A guru berlebih tapi di daerah B, sekolah kekurangan guru," kata Yusri.

Dalam pemerataan guru di Riau, kata Yusri, pihaknya akan membuat regulasi kebijakan yang berpihak kepada guru agar guru bisa dipindahkan dari suatu daerah yang sekolahnya kelebihan guru ke daerah yang sekolahnya kekurangan guru. Misalnya membuat kebijakan, Disdik memberikan insentif kepada guru yang mengajar di daerah pelosok desa. Diakuinya, banyak kepentingan guru tidak mau pindah karena alasan tertentu. Sebagai PNS, harus bersedia ditempatkan dimana saja. Belum lagi, masalah jumlah guru yang pensiun dalam jumlah besar ditahun 2021 mendatang." Ya, kita rancang kebijakan memberikan insentif bagi guru yang mengajar di daerah pelosok," kata Yusri. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar