Kapolsek Ukui Tinjau Tanaman Jagung di Lahan Ketahanan Pangan

  • Kamis, 03 September 2020 - 13:57:31 WIB | Di Baca : 1621 Kali

SeRiau - Kapolsek Ukui bersama anggota tinjau perkembangan tanaman jagung di lahan ketahanan pangan Polsek Ukui, Kamis (3/9/2020). Lahan ketahanan pangan tersebut berada di Jalan Mangga, Kelurahan Ukui Satu, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

Tinjauan itu bertujuan untuk mengetahui perkembangan tanaman jagung yang telah ditanam. Sehingga petani dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan saat ini.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi SSos MSi menyampaikan, peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui serta menjadwalkan waktu pemupukan dan pemeliharaan lanjutan program ketahanan pangan.

Sejauh ini kata Rifendi perkembangan tanaman jagung tersebut cukup baik, hanya saja ada beberapa tanaman yang mati. Namun tempo hari pihaknya sudah melakukan penyisipan pada tanaman yang mati.

"Sejauh ini baik, hanya ada beberapa jagung mati, dan sudah ditanam lagi," katanya.

Ia menilai, matinya beberapa tanaman jagung tersebut diakibatkan cuaca yang cukup panas dan minimnya curah hujan. Namun, saat ini tanaman tersebut sudah mulai membaik kembali.

Untuk itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan petani binaannya. Menurutnya, petani inilah yang selalu bersama tanaman, dari kebutuhan hingga kendala mereka lebih mengerti. "Dan alhamdulillah belum ada kendala yang berarti, pupuk juga sudah kami datangkan dan sudha ditebarkan," imbuhnya.

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, Ia menilai ketahanan pangan menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang kehidupan masyarakat di Indonesia khususnya di Kecamatan Ukui. Sehingga kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan prioritas di Polsek Ukui.

Diketahui, lahan dengan luas lebih kurang 1 hektare yang ditanami jagung hibrida dan tanaman palawija ini merupakan lahan tidur milik masyarakat. Kemudian dioptimalisasi pemanfaatannya menjadi lahan pertanian yang nantinya hasil pertanian tersebut untuk masyarakat Kecamatan Ukui.

Selain itu, program ini juga mendukung program ketahanan pangan nusantara yang dicanangkan oleh Mabes Polri. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar