Pangdam 1/Bukit Barisan Siap Mendukung Kanwil Bea Cukai Memberantas Penyelundupan DiWilayah Riau

  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 15:29:55 WIB | Di Baca : 3281 Kali

 

SeRiau- Hari ini, Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Pangdam  I/BB), Mayjen TNI Irwansyah MA., MSc, mengadakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Pekanbaru dalam  rangka menjalin Sinergi antara Kodam I/BB dengan Kanwil DJBC Riau. 

Kunjungan yang dilakukan oleh Pangdam I/BB ini diadakan di Aula Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru (KPPBC TMP B Pekanbaru). 

Sesampainya di Kantor KPPBC TMP B Pekanbaru, Pangdam I/BB disambut oleh Kepala Kantor 
Wilayah DJBC Riau beserta jajarannya. Acara ini dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Riau, Ronny Rosyandi. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Agung Saptono. Kemudian acara disambung dengan sambutan dari Pangdam I/BB, Irwansyah. 

Dalam pemaparan yang telah disampaikan oleh Kabid Penindakan dan Penyidikan, Agung Saptono 
vmenjelaskan materi terkait Cukai, pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, operasi gempur rokok illegal, serta daerah rawan di wilayah Riau. Beliau menjelaskan bahwasannya masih banyak daerah rawan yang menjadi pasar rokok illegal di wilayah Riau. Hal ini menyebabkan tingginya pelanggaran pada komoditas cukai. 

Oleh karena itu, Bea Cukai perlu menjalin kerja sama untuk dapat menumpaskan pasar rokok illegal serta meningkatkan pengawasan terutama di daerah pesisir dan perairan Riau. 


Tidak hanya sinergi dalam penindakan operasi “Gempur Rokok Illegal”, tetapi kedua instansi juga 
meningkatkan kerja sama untuk mencegah terjadinya pelanggaran di Bidang Kepabeanan dan Cukai yang lainnya. Sinergi tersebut diantaranya ialah peningkatan sinergi penindakan penyelundupan, kemudian kegiatan sharing terkait penyelundupan Barang Kena Cukai yang dilakukan secara illegal.

Selain itu juga sosialisasi kepada masyarakat dengan memasang spanduk dan banner di 166 kecamatan di wilayah Riau. "Diharapkan dengan adanya kunjungan oleh Kodam Bukit Barisan dapat meningkatkan silaturahmi serta sinergi Bea Cukai Riau dengan Kodam Bukit Barisan dalam meningkatkan perekonomian dan keamanan di wilayah pengawasan Bea Cukai Riau”, kata Ronny. 

Kunjungan kali ini ditutup dengan sesi pemberian plakat dan foto bersama dengan tetap 
memperhatikan protokol kesehatan. 

Dengan adanya jalinan sinergi ini diharapkan kedua instansi dapat melakukan pengawasan yang lebih luas. Dan dalam keadaan pandemi covid-19 sekalipun, Bea Cukai diharapkan tidak pernah lengah untuk menjalankan peran dan fungsinya. Terutama dalam mengawasi  peredaran berbagai komoditas yang berpotensi memicu terjadinya pelanggaran di Bidang Kepabeanan dan Cukai. ( Rilis)





Berita Terkait

Tulis Komentar