Mike Tyson vs Roy Jones Jr, Bukan Duel Tinju Biasa

  • Ahad, 26 Juli 2020 - 13:05:22 WIB | Di Baca : 1471 Kali

 


SeRiau - Duel tinju antara Mike Tyson dan Roy Jones Jr. yang direncanakan berlangsung 12 September di California, Amerika Serikat, dipastikan memiliki aturan berbeda.

Direktur Eksekutif California State Athletic Comission (CSAC), Andy Foster, menyatakan pertarungan Tyson vs Jones Jr. tidak digelar untuk membuat dua veteran tersebut mengalami luka parah.

Foster menjelaskan aturan yang diberlakukan dalam laga Tyson vs Jones Jr. antara lain adalah delapan ronde berdurasi tiga menit, mengenakan sarung tinju 12 ons, tanpa pelindung kepala, tanpa juri, dan tanpa penonton.

Kendati tanpa pelindung kepala, Foster menekankan pertarungan tidak akan membuat salah satu di antara mantan juara dunia itu bersimbah darah.

"Kami ingin memastikan mereka berdua paham ini adalah ekshibisi yang disetujui. Mereka bisa mendapat uang. Kami senang bisa menggelar ini. Semua peraturan kami akan diikuti. Ini seperti pertarungan tinju."

"Ekshibisi seperti ini kadang terjadi. Mereka bisa bergerak bebas dan mendatangkan uang. Saya katakan pada mereka, 'Anda luka, maka semua selesai.' Kami ingin semua masuk akal," jelas Foster.

Alih-alih sebagai duel unjuk kekuatan, Foster menyebut pertarungan ini lebih menitikberatkan pada unjuk keterampilan bertinju dan pamer kondisi kesehatan di antara dua petinju berusia kepala lima tersebut.

"Mereka memiliki usia yang lebih kurang sama. Kami tidak bisa memberi informasi sesat kepada publik seolah-olah ini adalah pertarungan sungguhan. Mungkin terlihat seperti itu, tetapi saya tidak ingin ada yang terluka. Mereka tahu perjanjiannya," tutur Foster dikutip dari Boxing Scene.

"Ini adalah ekshibisi. Mereka bisa mengekshibisikan kemampuan bertinju, tetapi saya tak mau mereka menggunakan kemampuan maksimal untuk melukai satu sama lain. Mereka akan bertanding tetapi tidak sampai ada yang KO. Ini tidak akan dicatat dalam buku rekor. Ini bukan kejuaraan dunia," sambungnya.

Duel Tyson vs Jones Jr. sempat direncanakan berlangsung pada 2003 silam, namun duel tidak terwujud. Tyson yang kini berusia 54 tahun sudah pensiun sejak 2005, sementara Jones Jr, yang tiga tahun lebih muda baru gantung sarung tinju dua tahun lalu.

 

 

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar