Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar Dampingi Petani Pembuatan Demplot

  • Jumat, 24 Juli 2020 - 11:40:46 WIB | Di Baca : 2557 Kali

SeRiau - Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar Kodim 0313/Kpr Serma Elfis Idrus berikan penyuluhan kepada petani dalam pembibitan tanaman cabe rawit di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Jumat (24/7/2020).

Babinsa melalukan penyuluhan melalui program demplot atau penyuluhan kepada petani dengan membuat lahan percontohan untuk mendorong produktifitas dan hasil pertanian.

"Ini merupakan salah satu upaya kita untuk memberikan contoh dan memotivasi kepada masyarakat di desa binaan, bahwa membuka lahan pertanian tidak harus dengan membakar," kata Serma Elfis.

Menurutnya, tanaman cabe memerlukan perhatian dan perawatan yang ekstra, tetapi dengan perwatan yang rutin tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal karena lahan yang selalu bersih dan dijaga.

Dikatakannya, kendala yang dialami petani saat ini adalah tanaman cabe yang daunnya cepat keriting dan hama, sehingga harus dilakukan penyiraman yang teratur dengan pestisida.

"Dengan penyemprotan dan penyiraman yang teratur, tanaman cabe akan subur dengan sendirinya. Selain melakukan penyiraman dan penyemprotan untuk menyuburkan tanaman dipakai pupuk perangsang buah, agar dapat merangsang bunga dan pembuahan sehingga menghasilkan buah cabe yang baik," jelasnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini masarakat saling bekerjasama dalam bidang pertanian. "Oleh karena itu, maka akan tercipta hubungan yang harmonis antara TNI dan rakyat," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar