Babinsa Rutin Lakukan Patroli Karhutla di Desa Persiapan Mahato Hulu

  • Selasa, 21 Juli 2020 - 10:52:26 WIB | Di Baca : 28634 Kali

SeRiau - Untuk antisipasi dan  mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 11/Tambusai terus
melakukan pemantauan. Pencegahan dilakukan dengan patroli yang dipusatkan di daerah rawan kebakaran di Desa Persiapan Mahato Hulu, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (21/7/2020).

Dalam patroli yang dilakukan oleh Babinsa Serda E Simbolon tersebut, pihaknya memastikan tidak ada titik api yang mengancam hutab dan lahan di wilayahnya. Meski begitu, pihaknya tetap berupaya bersama warga setempat untuk melakukan pencegahan Covid-19.

"Meski tidak menemukan titik api, akan tetapi kitabersama warga setempat tetap semangat dalam pelaksanaan patroli sebagai upaya pencegahan terjadinya Karhutla," ujar Serda Simbolon.

Ia menilai musim kemarau dan panas yang berlebih saat ini akan sangat rentan terjadinya Karhutla. "Untuk itu, sangat perlu kita lakukan pencegahan sebelum itu terjadi kebakaran," imbuhnya.

Menurutnya, pencegahan itu dapat dilakukan dengan cara patroli rutin ke wilayah yang berkemungkinan akan terjadi Karhutla.

Sementara itu, Komandan Koramil 11/Tambusai Kapten Inf Fadhil menyampaikan, sebagai aparat kewilayahan Babinsa juga selalu memberikan pemahaman dan imbauan kepada warga agar tidak membakar lahan atau membuang puntung rokok di areal yang mudah terbakar.

"Aturan dan konsekuensi hukum sudah jelas diatur terkait dengan sanksi kepada pelaku pembakaran. Maka, barang siapa yang melakukan pembakaran lahan dan hutan baik itu disengaja ataupun tidak disengaja tetap akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku," tegas Danramil. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar