Amien Rais ke Jokowi: Kalau Mau Reshuffle, Pilih Menteri yang People Oriented

  • Jumat, 03 Juli 2020 - 21:21:35 WIB | Di Baca : 2582 Kali

SeRiau - Presiden Jokowi beberapa waktu lalu sempat mengancam akan me-reshuffle menterinya yang dinilai tidak memiliki kinerja baik selama pandemi. Menurut politikus senior PAN Amien Rais, Jokowi memang sudah seharusnya melakukan reshuffle karena banyak menterinya yang tidak paham dengan kehidupan rakyat.

"Jadi saya melihat kelemahan dari kabinet Pak Jokowi yang sekarang ini, pada periode keduanya, itu memang banyak menteri-menteri yang saya kira ya, maaf, tidak begitu paham dengan kehidupan rakyat yang kembang-kempis, yang betul-betul kehidupannya itu sangat berat," kata Amien Rais dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (3/7).

Saking sulitnya kondisi ekonomi saat ini, kata Amien, masyarakat bahkan sudah kesulitan saat hendak meminjam uang ke tetangganya. Sebab, dampak krisis akibat pandemi COVID-19 ini sudah merata di kalangan masyarakat.

"Karena sepertinya masih santai. Sesungguhnya kan baru sekarang, ini Pak Jokowi dengan marah dan jengkel, tidak ada sense of crisis tidak ada perasaan segala macam," ucap Amien.

Untuk itu, Amien mendukung jika Jokowi memang berniat melakukan reshuffle. Asalkan, calon-calon menteri yang baru, baik dari kalangan parpol, swasta, atau kampus, harus memiliki watak kerakyatan yang mendalam.

"Yang betul-betul hidupnya itu posisinya itu bukan untuk memperkaya diri, seperti para pengusaha itu yang udah salah kaprah itu, tapi yang betul-betul people oriented," tutur Amien.

"Jika anda bekerja keras, dan menterinya berubah sama sekali, jadi betul-betul untuk rakyat, pro bono publico, kalau kata Bung Karno, masih ada harapan. Kalau enggak (berubah menjadi pro rakyat) ya, Wallahua'lam. Kita enggak tahu," pungkasnya. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar