Cegah Kathutla, Babinsa Terus Antisipasi dengan Patroli dan Sosialisasi

  • Selasa, 30 Juni 2020 - 12:51:37 WIB | Di Baca : 2498 Kali

SeRiau - Koramil 11/Tambusai melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) terus melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (30/06/2020).

Patroli dilakukan oleh Babinsa Koramil 11/Tambusai yakni Serma Syafwardi, Koptu Syahrizal Nasution bersama dengan Bhabinkamtibmas Polsek Tambusai serta Masayarakat Peduli Api (MPA). Dengan harapan, patroli tersebut dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Tidak hanya patroli, aparat juga memberikan imbauan kepada masayarakat agar bersama-sama melalukan pencegahan Karhutla. Tanpa bantuan dari masayarakat pencegahan Karhutla tidak akan terlaksana dengan baik.

Serma Syafwardi menegaskan kepada masayarakat bahwa tujuan dilakukan patroli dan sosialisasi itu agar masyarakat mengetahui dan
mengerti akan bahaya dari dampak membakar hutan dan lahan. Di sisi lain masyarakat juga tahu sanksi bagi pembakar hutan dan lahan.

"Di sisi lain, masyarakat dapat mengetahui terhadap sanksi pidana jika melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. Maka cara seperti ini salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbuhnya.

Oleh karena itu, Ia menekankan kepada masyarakat agar tidak melalukan pembakaran hutan dan lahan. Baik milik pribadi ataupun perusahaan.

Ia juga mengimbau masyarakat jika mengetahui adanya kebakaran hutan untuk melapor kepada petugas. "Jika ada kebakaran hutan dan lahan, Segera laporkan ke aparat, baik TNI maupun Kepolisian," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar