UIR-Bupati Kampar Sepakat Laksanakan Catur Dharma dan Tingkatkan SDM ASN

  • Selasa, 23 Juni 2020 - 18:14:07 WIB | Di Baca : 2183 Kali

 

SeRiau - Universitas Islam Riau dan Pemerintah Kabupaten Kampar bersepakat melaksanakan catur dharma perguruan tinggi dan meningkatkan sumberdaya manusia aparatur sipil negara Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar.

Kesepakatan itu disampaikan Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL dan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, SH dalam silaturrahmi UIR-Pemda Kampar di Lantai II Kantor Bupati Bukit Cadika Bangkinang Selasa siang (23/06 2020).

Dalam silaturrahmi itu Rektor didampingi Direktur Pascasarjana Prof Dr H Yusri Munaf, SH, MHum, Wakil Direktur II Dr Efendi Ibnu Susilo, SH, MH, Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Dr Surizki Febrianto, SH, MH, Guru Besar Pascasarjana Prof Dr Thamrin S, SH, MHum, Kabag Humas dan Protokoler Dr H Syafriadi, SH, MH dan Dosen Pascasarjana Dr Aryo Akbar, SH, MH.

Sementara Bupati Kampar disertai Sekretaris Daerah Drs H Yusri, Kepala Dinas Pendidikan Drs Yaser, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Arizon dan Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar.

Menurut Rektor Syafrinaldi, silaturrahmi ini bertujuan menindak-lanjuti memory of understanding UIR dengan Pemkab Kampar yang diteken di Balai Bupati beberapa bulan lalu.

''Hari ini MoU akan kita action kan dalam bentuk MoA atau memory of agreement,'' kata Rektor.

Dijelaskan, Universitas Islam Riau menawarkan kepada Pemkab Kampar pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian dan dakwah Islamiyah. Penawaran ini juga berkait erat dengan akselerasi percepatan pembangunan di Kabupaten Kampar.

UIR, tambah Rektor, memiliki banyak ahli di berbagai bidang seperti hukum, pemerintahan, pertanian, akuntan, teknik sipil dan lain-lain. ''Tenaga-tenaga ini dapat dimanfaatkan Pemkab Kampar untuk pendampingan dinas-dinas di lingkungan pemerintahan Kampar,'' ujar Rektor.

Rektor berharap pascasarjana dapat terus meluaskan kerjasamanya dengan pemkab lain di Riau. ''UIR merupakan universitas besar di LLDIKTI Wilayah X, namanya juga dikenal luas di Tanah Air, Asia Tenggara bahkan Asia,'' imbuh Rektor.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyambut baik kedatangan Rektor bersama tim pascasarjana. Ia berterima kasih, UIR telah menindak-lanjuti MoU dalam bentuk MoA. 

Tawaran UIR dalam catur dharma perguruan tinggi, dalam pandangan Catur, sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Kampar meningkatkan sumberdaya aparatur sipil negara. ''Saya yakin dan percaya kedatangan rektor bersama tim pasca dapat mendorong percepatan peningkatan SDM ASN secara profesional,'' ujar Catur.

Bupati juga menyambut baik keinginan Direktur Pascasarjana Prof Yusri Munaf untuk ASN agar melanjutkan studi di pascasarjana sesuai bidang masing-masing.

Keinginan itu disampaikan Yusri Munaf di sela silaturrahmi.  Pascasarjana memiliki enam program studi. Yakni ilmu hukum, ilmu pemerintahan, ilmu administrasi, agronomi, agribisnis dan teknik sipil. Enam prodi ini memiliki ahli yang mampu bekerja secara profesional.

Tawaran di bidang catur dharma dan peningkatan SDM ASN merupakan wujud kongkrit pengabdian UIR dan pascasarjana kepada masyarakat. Alhamdulillah Bupati Catur merespon secara positif tawaran MoA UIR-Pemkab Kampar. ''Bupati sudah setuju MoA akan segera  ditanda-tangani dalam waktu dekat setelah konsepnya disetujui kedua pihak,'' kata Yusri Munaf.* rls





Berita Terkait

Tulis Komentar