Omnibus Law Bakal Didemo Buruh, Begini Respons Ketua Baleg DPR

  • Ahad, 19 April 2020 - 20:53:10 WIB | Di Baca : 2005 Kali

SeRiau - Pembahasan omnibus law RUU Ciptaker akan tetap dilanjutkan DPR RI meski ada gelombang penolakan hingga ancaman demo oleh para buruh yang direncanakan digelar 30 April mendatang.

Atas dasar itu, Ketua Badan Legislasi DPR RI, Supratman Andi Agtas memita kepada para buruh untuk mengikuti protokol kesehatan bila benar-benar akan menggelar aksi demo.

“Itu hak masyarakat untuk berserikat. Namun kita juga harus patuhi mekanismenya dalam menyampaikan pendapat tersebut. Terlebih saat ini ada PSBB (pembatasan sosial berskala besar), maka itu juga harus dipenuhi mekanismenya,” kata Supratman lewat keterangan tertulisnya, Minggu (19/4).

Sejauh ini, ia mengklaim pihaknya dan pemerintah terus menjalin komunikasi dengan semua pihak, termasuk pada buruh untuk mendapatkan masukan, khususnya kluster yang disoroti para buruh.

Di sisi lain, politisi Gerindra ini berpandangan, pembahasan di DPR justru akan membuka sikap ketegasan dari masing-masing fraksi dalam menangapi omnibus usulan pemerintah itu.

“Nanti akan ketahuan mana saja fraksi-fraksi yang benar-benar memperjuangkan hak-hak buruh. Kalau sekarang kan masih awal, DIM saja belum ada. Nah kalau tak ada DIM, lalu apa yang mau dibahas?” tutupnya. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar