Jokowi Didesak Segera Ganti Menkes Terawan

  • Selasa, 17 Maret 2020 - 23:12:08 WIB | Di Baca : 2806 Kali

SeRiau - Elemen masyarakat sipil sadar Corona mendesak Presiden Joko Widodo segera mengganti Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Sebabnya, negara dianggap absen karena Menkes Terawan terkesan pongah, mengangap remeh dan anti sains.

Desakan ini muncul dari elemen gabungan yang terdiri dari KontraS, Lokataru, YLBHI, LBH Masyarakat, WALHI, PKBI, YLKI, P2D, Migrant Care, AJAR, Amnesty International Indonesia, PSHK.

Dalam pengamatan Elemen sipil sadar Corona, meski Jokowi sudah membentuk gugus tugas penanganan Covid-19, pemerintah masih terlihat kedodoran di lapangan.

Kondisi diperparah saat manajemen informasi dan komunikasi antara pusat dan daerah tidak selaras. Elemen sipil sadar Corona melihat, salah satu pihak yang paling beranggung jawab adalah Menkes Terawan.
"Sejak awal Menkes menunjukkan sikap pongah, menganggap enteng, dan anti-sains, yang terus memandang rendah persoalan, namun berakibat pada hilangnya kewaspadaan," demikian desakan yang dituliskan oleh elemen sipil sadar Corona, Selasa (17/3).

Beberapa catatan kesalahan mendasar Menkes Terawan diantaranya, pernyataan bahwa pasien sudah sembuh akan imun dari Virus Corona, padahal negara lain mengatakan sebaliknya.

Selain itu, Menkes dinilai telah gagal mengkoordinasi Rumah Sakit agar sigap melakukan pemeriksaan dan penanganann Covid-19.
"Termasuk memastikan ketersediaan dana/anggaran dan alat,  dan juga menjaga mutu/kualitas kerja tenaga kesehatan, tenaga administrasi, pusat data dan informasi di RS, terutama di waktu krisis sekarang," demikian uraian dalam rilis tertulis itu.

Selain itu, Elemen sipil sadar corona melihat ada monopoli pemeriksaan sampel hasil tes swab di Litbangkes DKI Jakarta yang memperlambat respons tanggap darurat. Terakhir Menkes dinilai menggelar acara publik bukan turut menerapkan social distancing.

Atas beberapa catatan itu, elemen sipil sadar Corona mendesak Jokowi agar seger mengganti Menkes dengan sosok yang memiliki pemahaman cukup tentang kesehatan publik.

"Bagaimana mungkin rumah sakit akan bekerja secara serius apabila Menkesnya sendiri beranggapan Covid-19 ini sama dengan flu biasa dan bisa sembuh dengan sendirinya? Kami mendesak Presiden Jokowi mengganti Menkes Terawan dengan figur yang lebih paham kesehatan publik, punya kepekaan krisis, yang akan memandu kita melewati krisis kesehatan terburuk ini,"demikian tuntutan yang dikirimkan ke awak media. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar