Gepeng Masih Bertahan, DP3A Minta Masyarakat Tak Berikan Sumbangan Di Jalan

  • Senin, 16 Maret 2020 - 13:43:07 WIB | Di Baca : 1727 Kali
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pekanbaru, Mahyudin

SeRiau - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) meminta masyarakat agar tidak memberikan sumbangan kepada gelandangan dan pengemis (gepeng). Imbauan tersebut ditujukan agar gepeng tidak lagi bertahan dan meminta-minta di jalan.

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala DP3A Pekanbaru, Mahyudin, bahwa pihaknya prihatin terhadap gepeng yang meminta-minta di jalanan.

"Sebenarnya ini bukan ranah DP3A, kalaulah ada di dalamnya tindakan kekerasan ataupun eksploitasi anak, itu baru ranah kita. Tapi kalau sekedar berjalan-jalan di jalan itu belum masuk ranah kita," kata Mahyudin, Senin (16/3/2020).

Loading...

"Meski begitu, kita tetap perhatian. Kita selalau koordinasikan dengan Satpol PP mohon untuk ditertibkan dengan tidak sporadis. Dan kami bersedia dengan senang hati dilibatkan jika memang ada razia," ungkapnya.

Pihaknya juga bersedia untuk melalukan assesment, sekaligus dengan membawa psikolog untuk mengasessment anak-anak yang ditertibkan di jalanan. Ia menduga ada orang dibalik itu.

"Kalau memang anak-anak itu meminta-minta dan turun ke jalan dengan kesadaran sendiri, itulah harapan kita kepada masyarakat agar tidak memberikan sumbangan apapun kepada mereka. Karena Peraturan Daerahnya sudah ada," sebutnya.

"Jika memang ingin menyumbang, lebih baik antar ke rumah orang yang bersangkutan langsung. Kita kenali orangnya, karena orang yang di jalan itu belum tentu orang miskin juga. Selain itu, bantuan kita tepat sasaran juga," terangnya.

Menurutnya, memberikan sumbangan di jalan itu akan membuat orang-orang itu (gepeng) tetap bertahan di jalan. Sehingga bantuan yang diberikan pun tidak tepat sasaran.

Untuk menunjang imbauan tersebut, pihaknya dalam waktu dekat meminta Wali Kota untuk membuat surat edaran ke seluruh OPD, baik Provinsi Riau maupun Kota Pekanbaru, agar karyawannya tidak lagi memberikan sumbangan apapun di jalan.

"Kita yakin, jika tidak ada yang memberi sumbangan di jalan tidak akan ada orang yang meminta di jalan," pungkasnya. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar