Quartararo Masuk Tim Monster Energy Yamaha, Bagaimana Nasib Rossi?

  • Rabu, 29 Januari 2020 - 23:06:35 WIB | Di Baca : 993 Kali

SeRiau - Fabio Quartararo dipastikan naik pangkat dari pebalap satelit Yamaha (Petronas Yamaha SRT) menjadi pebalap pabrikan Yamaha.

Artinya, Quartararo akan menemani Maverick Vinales di tim Monster Enery Yamaha untuk musim 2021.

Sebelumnya, Yamaha juga baru saja memperpanjang kontrak Maverick Vinales hingga akhir musim 2022.

Quartararo sendiri menorehkan prestasi gemilang sebagai pebalap rookie sepanjang gelaran MotoGP 2019 lalu.

Quartararo berhasil meraih total tujuh podium dengan enam kali pole position.

Pada akhir musim lalu, Quartararo bahkan berhasil finis di posisi kelima pada klasemen akhir MotoGP 2019, dua peringkat lebih baik dari Valentino Rossi yang berada di posisi ke-7.

Melansir MotorSport, Quartararo akan memiliki akses ke Motor M1 dengan spek terbaru untuk musim keduanya di MotoGP sebelum menjadi pebalap pabrikan sepenuhnya pada 2021.

Bos Yamaha, Lin Jarvis mengatakan, dia senang memiliki pebalap rookie dengan penampilan maksimal sepanjang MotoGP 2019 seperti sosok Quartararo.

"Kami sangat senang bahwa Fabio akan bergabung dengan tim Yamaha MotoGP untuk 2021 dan 2022," katanya dikutip dari MotorSport.

"Tahun debutnya di MotoGP sangat sensasional. Dia meraih 6 pole position dan 7 podium di musim lalu. Itu adalah tanda bahwa dia menunggangi motornya dengan luar biasa."

"Mengundangnya untuk naik kelas ke tim pabrikan Yamaha setelah kontraknya dengan Petronas Yamaha berakhir adalah sebuah langkah yang sangat logis," kata Jarvin melanjutkan.

Di musim 2021, Quartararo dipastikan akan menggunakan motor YZR-M1 dengan spesifikasi pabrik dan akan menerima dukungan penuh dari Yamaha untuk mengaspal bersama pebalap lainnya.

"Fabio baru berusia 20 tahun, tetapi dia sudah menunjukkan kematangan yang luar biasa di dalam dan di luar motornya, dan kami senang dia bergabung pada tahun 2021," kata Jarvis.

Javis pun berharap Quartararo dan Vinales akan mengembalikan kejayaan Yamaha di gelaran MotoGP selanjutnya.

Melihat Quartararo yang bergabung ke Monster Energy Yamaha pada 2021 juga memunculkan pertanyaan soal posisi Rossi ke depannya.

Rossi sebelumnya mengindikasikan dia akan melihat musim 2020 sebelum membuat keputusan tentang kariernya.

Yamaha mengeluarkan pernyataan terpisah yang mengatakan, pihaknya akan terus mendukung Rossi dengan mesin pabrik jika sang pebalap ingin melanjutkan kariernya pada 2021.

Yamaha pun berharap mereka mendapatkan keputusan Rossi setidaknya di pertengahan tahun 2020 setelah 7 hingga 8 balapan berlangsung.

"Yamaha meminta saya di awal tahun untuk membuat keputusan tentang masa depan saya," kata Rossi.

"Konsisten dengan apa yang saya katakan musim lalu, saya tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan. Yamaha telah bertindak sesuai dan menyelesaikan negosiasi yang sedang berlangsung," ucapnya melanjutkan.

The Doctor menilai dia ingin mencoba kembali menjadi kompetitif dengan kedatangan kepala kru barunya.

Maka dari itu, dia membutuhkan waktu untuk memastikan kemampuannya di awal MotoGP musim 2020 sebelum akhirnya memutuskan pilihannya.

"Setelah perubahan teknis terakhir dan kedatangan kepala kru baru, tujuan pertama saya adalah untuk menjadi kompetitif tahun ini dan melanjutkan karier saya sebagai pebalap MotoGP pada tahun 2021," kata pebalap usia 40 tahun itu.

"Sebelum melakukan itu, saya harus memiliki beberapa jawaban yang hanya bisa diberikan ketika saya memulai balapan."

Rossi mengaku akan melakukan yang terbaik pada tes pertamanya dan mengapresiasi pernyataan Yamaha untuk terus mendukungnya jika dia memutuskan untuk melanjutkan karier balapannya.

"Saya senang, jika saya memutuskan untuk melanjutkan karier, Yamaha siap mendukung saya, memberi saya motor spesifikasi pabrik," kata The Doctor.

"Pada tes pertama saya akan melakukan yang terbaik bersama dengan tim saya dan bersiap untuk awal musim ini," katanya mengakhiri. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar