Dominasi Inggris dan Spanyol Masih Terjadi

  • Ahad, 15 Desember 2019 - 05:41:33 WIB | Di Baca : 1013 Kali

SeRiau - Tahun kompetisi 2019/2020 sudah berjalan separuh. Klub-klub Eropa bakal memasuki periode musim dingin.

Sebelum berpindah tahun, ada catatan perjalanan selama enam bulan terakhir. Khususnya di ajang Liga Champions dan Liga Europa. Sebab, dua kompetisi tersebut baru saja menyelesaikan babak penyisihan.

Pertama di Liga Champions. Pemandangan tak asing masih terjadi. Klub Inggris dan Spanyol mendominasi.

Empat wakil Negeri Ratu Elisabeth lolos ke babak 16 besar kompetisi terelite benua biru. Tim-tim tersebut antara lain Liverpool, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Chelsea. 

"Kami menunggu hasil undian dan siapa yang menjadi lawan kami nanti. Kami tahu semuanya akan menjadi laga sulit, tapi kami menghadapi tantangan itu, dan ingin melangkah sejauh mungkin di turnamen ini," kata bek sayap the Reds, Andrew Robertson, dikutip dari laman resmi klubnya, Sabtu (14/12).

Kubu Merseyside Merah berstatus juara bertahan. Anak asuh Juergen Klopp mewakili kegemilangan elite Inggris di Eropa. Pun demikian dengan City. 

Klub-klub Spanyol juga mengirimkan empat wakil ke babak sistem gugur. Tim-tim tersebut antara lain Barcelona, Real Madrid, Valencia, dan Atletico Madrid. Sementara tim Italia dan Jerman diwakili masing-masing tiga kesebelasan.

Ada Juventus, Napoli, dan Atalanta dari Italia. Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig mewakili Jerman. "Cepat atau lambat, kami akan bertemu lawan yang sangat kuat. Secara personal saya berharap, kami bertemu tim Inggris," kata bek Juve, Mattia de Sciglio.

Ia mengenang apa yang terjadi dua musim lalu. Pada babak 16 besar, si Nyonya Tua berhadapan dengan Tottenham Hotspur. Saat itu, Bianconeri unggul agregat 4-3 dan lolos ke perempatfinal. De Sciglio terkesan akan laga tersebut.

Pada intinya ia merasa timnya siap menghadapi siapa pun. Kendati fakta dominasi klub Inggris dan Spanyol, tak bisa dinafikkan. Tak hanya di Liga Champions, tapi juga di Liga Europa.

Inggris dan Spanyol sama-sama mengirimkan tiga tim ke babak 32 besar Liga Europa. Negeri Ratu Elisabeth diwakili Arsenal, Manchester United, dan Wolverhampton Wanderers. Sementara ranah Matador mengirimkan Sevilla, Espanyol, dan Getafe. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar